Berita Terkini : KPPU Akan Selidiki Kasus Indosat Dan Telkomsel !

0
1433
indosat

Berita Terkini : KPPU Akan Selidiki Kasus Indosat Dan Telkomsel !

Indowarta.com– Komisii Pengawas Persaingan Usaha atau disebut dengan KPPU kini telah mengadakan penelitian terkait dengan kasus perang tarif. Kasus perang tarif ini terjadi antara penyelenggara layanan telekomunikasi seluler yang terjadi pada akhir-akhir ini. Hal tersebut telah ditegaskan oleh Ketua KPPU yakni Syarkawi Rauf.

Seperti yang diketahui bahwa pada saat ini indosat tengah gencat mengkampanyekan tarif Rp 1 dengan membuat tagar #buktikanRp1. Kampanye tersebut telah beredar luas di media sosial.

Beberapa diantaranya bahkan tidak ada rasa segan sedikitpun untuk memamerkan spanduk yang berisi tentang perbandingan tarif layanan Rp  1 dengan penawaran yang diberika oleh Tekomsel. Sebenarnya kampanye tersebut sudah digelar di beberapa tempat semenjak akhir bulan Desember tahun yang lalu.

KPPU kini tengah menyorot dua hal terkait kampanye iklan tersebut. Yang pertama adalah mengenai spanduk yang berisikan sindiran tarif mahal yang diberika Telkomsel oleh Indosat yang kini sudah ramai diberitakan media. Dalam iklan spanduk tersebut, pihak Indoesat Ooredoo secara langsung menyebutkan produk Telkomsel dan juga pencatuman tarif Rp 1 per detik.

indosat

KPPU menilai bahwa itu bagian dari benar atau tidaknya etika periklanan atau itu merupakan bagian dari upaya sengaja untuk merebut pangsa pasar.

Sedangkan yang kedua adalah mengenai informasi yang sudah dihembiuskan oleh pihak Indosat Ooredoo bahwa Telkomsel telah memborong produk dari Indosat Ooredoo. Kebenaran dari kabar tersebut masih terus diteliti oleh KPPU.

Jika memang kabar tersebut benar adanya, maka Telkomsel telah dianggap melanggar seperti yang sudah tertuang dalam pasal 1 9b Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 mengenai Larangan Praktek Monopoli atau persaingan usaha yang tidak sehat.

Terkait dengan dua hal tersebut, KPPU akan segeram memanggil kedua belah pihak operator dalam waktu sepekan ini. Pemanggilan ini merupakan suatu upaya dalam kelanjutan penelitian dan penyidikan yang dilakukan oleh KPPU.

KPPU sendiri juga telah mendorong pihak pemerintah untuk segera membenahi tarif layann telekomunikasi seluler yang ada di pasaran sekarang. Hal ini karena aktivitas pemasaran yang telah dilakukan olehl sejumlah penyelenggara masih terfokus pada menarik pelanggan operator lain melalui perang tarif.

baca juga :

Berita Terkini : Bos Indosat Ooredoo Akui Adanya Spanduk yang ‘meghina’ Pihak Telkomsel !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here