iPhone X Dirakit di China dan Eksploitasi Siswa SMA!

0
492
Perakitan iPhone X
Copyright©New York Times

iPhone X Dirakit di China dan Eksploitasi Siswa SMA!

Indowarta.com – Kehadiran iPhone X menjadi daya tarik tersendiri dari para penggunanya di seluruh dunia. Karena selain dinilai memiliki kecanggihan yang tinggi, produk Apple ini juga merupakan perangkat yang paling prestisiusi.

BACA JUGA : Cara Mendapatkan Diamond Gratis di Mobile Legends!

Akan tetapi, dibalik kecanggihannya tersebut ternyata iPhone X mendapatkan nestapa pada para pekerjanya yang kebanyakan adalah seorang pelajar SMA. Hal itu karena sejumlah pelajar SMA di China yang sedang magang dikabarkan sudah diekploitasi oleh Foxconn yang merupakan pabrikan serta pemasok produk Apple di Asia.

Mereka dikabarkan sudah dipaksa untuk bekerja melebihi waktunya dalam perusahaan perakitan iPhone X tersebut. Salah satu siswa yang terlibat mengatakan, mereka diminta untuk melakukan pekerjaan selama 11 jam perhari.

Padahal diketahui berdasarkan undang-undang di China menyebutka kalau seorang siswa yang magang hanya diperbolehkan bekerja selama 40 jam per minggunya. Terlebih, pekerjaan perakitan iPhone X ini sudah menjadi kewajiban yang harus dijalani oleh para siswa SMA itu untuk persyaratan kelulusan.

“Kami dipaksakan oleh sekolah kami untuk bekerja di sini,” ujar seorang siswa yang enggan disebutkan namanya, seperti dikutib dari The Guardian, Kamis (23/11/17).

Layar iPhone X
Copyright©Jasakom

Dia mengatakan kalau sudah terlibat dalam sebuah proses perakitan iPhone X. Dalam kurun waktu tiga bulan dia diminta untuk dapat menyelesaikan pemasangan modul kamera pada bodi perangkat itu sebanyak 1.200.

BACA JUGA : Jegal FaceID iPhone X, Samsung Galaxy S9 Bakal Disenjatai Sistem Pengenalan Wajah 3D!

“Padahal, pekerjaan tersebut tidak ada hubungannya dengan pelajaran kami,” ucap dia.

Mucunlnya kasus ini sudah melibatkan sedikitnya 3.000 siswa yang berasal dari Urban Rail Transit School. Mereka sudah diberangkatkan sekitar pada bulan September lalu untuk melakukan magang di Foxconn.

Terkait dengan ini, pihak Apple dan Foxconn angkat bicara, merke mengonfirmasi adanya ribuan siswa yang magang untuk turut bekerja lebur dalam perakitan iPhone X. Akan tetapi, Apple mengatakan kalau hal itu dilakukan dengan sukarela.

“Kami telah mengonfirmasi bahwa para siswa tersebut bekerja secara sukarela, mendapat kompensasi dan memberikan keuntungan, namun seharusnya mereka tidak diizinkan bekerja lembur,” ungkap Apple ada pernyataan, dikutip  dari laman 9to5 Mac.

BACA JUGA : Kalahkan iPhone X, Nintendo Switch Jadi Gadget Terbaik Versi Time!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here