Berita Terkini : Begini Syarat Ganti Uang Rusak Dari BI ?

0
989
uang rusak

Berita Terkini : Begini Syarat Ganti Uang Rusak Dari BI ?

Indowarta.com– Masyarakat diminta untuk tidak kahwatir jika uang yang dimiliki mengalami kerusakan. Hal ini lantaran Bank Indonesia (BI) akan mengganti penuh uang rusak tersebut. Asisten Direktur Divisi Pengelolaan Uang Keluar Departemen Peredaran Uang BI yakni R Sugeng megnatakan bahwa BI akan mengganti penuh uang rusak tersebut dengan kriteria kerusakan fisiknya tidak sampai 1/3 bagian atau 33 persen.

Hal itu artinya kerusakan uang tidak sampai level 67 persen. Jika fisiknya dibawah 67 persen, maka uang rusak tersebut tidak bisa digantikan. Sugeng mengatakan bahwa BI saat ini memilki alat atau scanning untuk mengidentifikasi kerusakan tersebut. Dengan alat tersebut, BI bisa mengetahui seberapa besar kerusakan uang tersebut.

BI akan melayani penukaran uang tersebut baik di kantor pusat maupun kantor cabang BI. Sugeng menyebutkan bahwa masyarakat hanya tinggal membawa uang tersebut ke kantor BI. Dia mengatakan bahwa di Jakarta sendiri layanan penukaran uang rusak tersebut kini telah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat.

Hal itu mengingat bahwa banyak uang yang mengalami kerusakan akibat dari serangga ataupun disebabkan oleh kebakaran.

uang rusak

Sementara itu guna memenuhi keperluan uang di bulan Ramadhan ini, BI telah memastikan bahwa pelayanan penukaran uang yang dibuka di Lapangan Lenggang Jakarta, Monas bebas dari peredaran uang palsu.

Asisten Direktur Departemen Peredara Uang BI T Faisal mengatakan bahwa sejak dibuka pada 17 Juni 2015 silam, tidak ada laporan mengenai uang palsu yang ditemukan oleh petugas penukaran uang tersebut.

Untuk menghindari peredaran uang palsu tersebut, BI juga menghimbau kepada masyarakat agar menukarkan uang di tempat resmi. Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah, Mikael Budisatrio mengatakan bahwa transaki dengan penjual uang itu bisa merugikan. Karena dari transaksi tersebut kemungkinan ada uang palsu atau jumlah yang tidak sesuai dengan uang yang telah ditukar.

Pada bulan Ramadhan kali ini traksaksi tunai diprediksi akan naik hingga empat kali lipat dibandingkan dengan hari biasa.

baca juga :

Berita Terkini : Hindari Uang Palsu, BI Himbau Tukar Uang Baru Secara Resmi Saja !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here