Berita Terkini :Dalam Sehari Qlue Mampu Tampung 40.000 Laporan Sekaligus Aspirasi dari 500.000 Pengguna !

0
630
Qlue

Berita Terkini :Dalam Sehari Qlue Mampu Tampung 40.000 Laporan Sekaligus Aspirasi dari 500.000 Pengguna !

Indowarta.com– Aplikasi bernama Qlue yang telah diluncurkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ternyata cukup diminati oleh warga dari Ibu Kota. Hingga saat sudah tercatat sebanyak 500.000 orang telah menggunakan aplikasi tersebut.

Wakil Direktur Bidang Produksi Qlue yakni Gerry Mangentang mengatakan bahwa partisipasi masyarakat terutama warga DKI Jakarta ternyata sangat positif. Kini pengguna Qlue sudah mencapai 500 ribu. Total laporan per hari yang sudah masuk di Qlue rata-rata sekitar 40 ribu laporan yang sudah masuk. Laporan tersebut termasuk kepada pihak pemerintah, swasta, dan juga forum (publik dan kelurahan).

Menurut Gerry, aparat pemerintah mulai dari kelurahan, kecamatan, kotamadya, dinas. Bahkan star pemerintah juga terbilang aktif dalam menanggapi segala laporan dari masyarakat. Ranking pemerintah bisa berubah-ubah tergantung dari performance dari masing-masing aparat pemerintah tersebut.

Qlue

Gerry telah memperinci bahwa sejauh ini sudah ada lima kategori tertinggi laporan dari masyarakat. Laporan tersbeut terkait dengan pelanggaran sebanyak 29.363 laporan, sampah sebanyak 27.404 laporan, parkir liar sebanyak 18.855 laporan, fasililtas umum sebanyak 18.577 laporan dan yang terakhir adalah mengenai kemacetan sebanyak 12.963 laporan.

Dari total laporan tersebut kini telah ada lebih dari 80 persen dari laporan yang sudah masuk di Qlue sudah ditindak lanjuti oleh aparat pemerintah.

Apllikasi Qlue adalah aplikasi yang sengaja dibuat oleh pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang bisa digunakans sebagai sarana pengaduan masyarakat. Melalui aplikasi Qlue ini memungkinkan para penggunanya untuk bisa berkomunikasi dengan pemerintah atau swasta yang memiliki kepentingan publik.

Untuk menggunakan aplikasi tersebut tidaklah susah. Pengguna cukup mengambil foto dari masalah yang ditemuinya, atur kategorinya, dan jangan lupa untuk memasukkan judul laporan beserta penjelasannya.

Setelah laporan berhasil masuk ke aplikasi Qlue, maka pengguna juga akan bisa melihat bagaimana respon dari pihak pemerintah. Bila laporan bertanda bulat merah itu berarti masih menunggu proses, sedangkan untuk tanda bulat kuning itu tandanya laporan sedang diproses dan tanda bulat hijau artinya laporan sudah selesai ditindak lanjuti.

baca juga :

Berita Terkini : KPPU Akan Selidiki Kasus Indosat Dan Telkomsel !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here