Internet 4G Bakalan Lebih Kencang, Telkomsel Jamin Tarif Tak Akan Naik!

0
175
Telkomsel
Copyright©Kompas

Internet 4G Bakalan Lebih Kencang, Telkomsel Jamin Tarif Tak Akan Naik!

Indowarta.com – Kabar terbaru untuk Telkomsel. Pihak perusahaan operator seluler berlogo dominan warna merah itu telah janjikan akan semakin cepat untuk jaringan internet 4G LTE, meskipun digunakan untuk streaming video tanpa adanya buffering.

Terkait dengan kabar ini maka implementasi pita yang memiliki frekeunsi 30 MHz di Spektrum 2,3 GHz yang memiliki basis teknologi Time Division Duplex (TDD). Dalam frekuensi itu telah dimenangkan oleh telkomsel melalui mekanismenya tender pada akhir Oktober 2017.

Baca Juga Cara Youtube Cegah Peredaran Video yang Berkedok untuk Anak-anak!

Kini Telkomsel berani keluarkan uang sebesar Rp 1.007 triliun atau dua kali lipat diatas dasar yang sudah ditetapkan Kementrian Komunikasi dan Informatika (Keminfo) demi untuk tambahkan spektrum. Dengan demikian Ririek Adriansyah selaku Direktur Utama Telkomsel telah tegaskan untuk penerapan Jaringan LTE-TDD dan tak akan menaikan tarif internet untuk pelanggan.

Baginya dalam pemanfaatan LTE-TDD ini malah lebih efisien dipandang dari segi belanja modal atau capex untuk jangka panjangnya. “Tarif sama aja dengan yang sekarang,” tuturnya setelah melakukan konferensi pers pada Selasa 28 November 2017 di telkom Smart office, Jakarta.

Dia juga sempat menjelaskan,”untuk menambah kapasitas yang sama kita bisa lebih murah dengan LTE TDD 2,3 Ghz dibandingkan sebelumnya. Spending capex yang sama kita dapat kapasitas lebih besar karena spektrum longgar.”

Telkomsel
Copyright©Kompas

Tidak hanya itu saja, internet akan lebih cepat dan juga memiliki simulasi dalam peningkatan konsumsi data pelanggan. Ririek juga mengatakan belum sempat menghitung berapa potensi kenaikannya. Tetapi jika merujuk ke rekam jejak dalam perpindahan dari 3G ke 4G kemungkinan bisa capai 20% sampai 30%.

Baca Juga Oppo F5 Sukses Lampaui Ekspektasi Saat Terjual 48 Ribu Unit!

Ungkap Ririek,”Saya belum yakin, tapi kira-kira berpotensi naik yang sama (20 sampai 30 persen.” Untuk setiap tahun operator seluler Telkomsel ini telah catatan kenaikan trafik pengguna internet sekitar 120%.

Untuk kedepannya, Dirut Telkomsel telah melihat potensi dalam petumbuhan yang sangat positif dengan adanya layanan yang lebih baik dan juga penetrasi smartphone yang memang semakin gencar.

Dalam langkah awal, Telkomsel akan bangun sekitar 500 BTS yang memiliki basis LTE-TDD di sekitar Jabodetabek, Palembang dan Bandung sampai akhir tahun 2017 ini. Kemudian nantinya pihak telkomsel akan bangun juga di kota-kota lainnya yang juga masih membutuhkan penambahan kapasitas.

Pengantaran dalam jaringan internet secara maksimal atau biasa disebut dengan peak throughput dengan LTE-TDD yang mampu mengekploitasikan penggabungan frekuensi yang mampu tingkatkan kecepatan sampai 2.5 kali lipat dibandingkan LTE-FDD yang sudah dipakai selama ini.

Baca Juga Cara Menonaktifkan Fitur Windows Update di Windows 10!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here