TNI Serius Usut Kasus La Gode yang Tewas di Markas Tentara!

0
3972
Kasus La Gode
Copyright©okeline

TNI Serius Usut Kasus La Gode yang Tewas di Markas Tentara!

Indowarta.com – Kali ini pihak kepolsian masih melakukan pengusutan tewasnya warga Maluku Utara bernama La Gode yang diduga dikeroyok. Kasus La Gode tersebut saat ini tengah dalam penanganan Detasemen Polisi Militer XVI/1 Ternate.

Sebelumnya Gode dikeroyok massa di sekitar markas TI satgas Yonif RK 732/Banau dan dugaan sementara pemukulan dilakukan oleh oknum tentara. Mengenai kasus ini juga diatanggapi oleh Dan Danpom Ternate Letkol Cpm Ali Mustofa.

Dia mengatakan saat ini pihak penyidik tengah menyelidiki kasus La Gode secara intensif. Sembilan saksi dihadirkan guna menyelidiiki kasus kematian La Gode di Taliabu. Kesembilan saksi tersebut meliputi dari pihak TNI, Polri hingga masyarakat sipil.

‘TNI tak akan menutupi, jika memang benar ada keterlibatan oknum tentara dalam kasus ini maka TNI akan ambil langkah tegas sesuai dengan peraturan yang berlaku. Sekali lagi saya menegaskan jika TNI tak akan main-main terkait kasus ini’ ujar Ali melalui keteragan tertulis pada Rabu, 29 November 2017 malam.

Kasus La Gode
Copyright©tirto

Sedangkan untuk sembilan sasi yang diperiksa diantaranya tiga prajurit TNI berinisial RB, DS dan JN, JA (anggota Polri) dan lima warga sipil berinisial JR, AH, LS, AS dan YT. Pemeriksaan sendiri akan dilakukan di Markas Denpom XVI/1 Ternate, Jalan Pahlawan Revolusi, Ternate, Maluku Utara.

Dalam pemeriksan tersebut, ada tujuh saksi tambahan yang dipanggil untuk diperiksa. Surat pemanggilan saksi sendiri telah diterima, namun meskipun begitu sejumlah saksi kesulitan untuk hadir karena terkendala transportasi dari Taliabu ke Ternate.

‘Para saksi belum dapat hadir dan memberikan keterangan. Mereka saat ini masih terkendala transportasi dari talibu ke ternate’ ujar Ali Mustofa.

Ali menanmbhkan dari hasil pemeriksaan belum ada dugaan yang mengarah ke oknum TNI. Pemeriksana sendiri nantinya tak hanya dilakukan di Denpom XVI/1 Ternate, namun juga akan dilakukan di Pondam XVI/Pattimura.

Sementara itu kasus La Gode yang tewas di markas TNI ini hingga kini belum terkuak pelakuknya. La Gode dikeroyok hingga tewas karena diduga mencuri 5 kilogram singkong parut milik warga.

Dari informasi yang didapat pria asal Pulau Tliabu, Maluku Utara tersebut awalnya dituduh mencuri singkong parut atau gape seharga Rp 25.000 milik seorang warga berama Egi pada awal Oktober 2017. La Gode pun ditahan lima hari di Pos Satuan Tugas Operasi Pengamanan Daerah Rawan Batalyon Infanteri Raider Khusus 732/Benau.

Pada hari kelima La Gode melarikan diri dan selama itu ia bertemu dengan istrnya YN. Gode pun menceritakan kepada YN mengenai penyiksaan yang dilakukan aparat terhadapnya selama ditahanan. Gode sendiri ditemuan tewas di pos Satgas dan kondisi jenazahnya sangat mengenaskan saat dibawa ke puskemas guna dilakukan visum.

Baca juga : Terlibat Kasus Penganiayaan Diego Michiels Siap Minta Maaf Dan Damai!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here