Ganasnya Badai Cempaka yang Tewaskan 11 Korban di Pacitan!

0
240
Banjir
Copyright©bisnis

Ganasnya Badai Cempaka yang Tewaskan 11 Korban di Pacitan!

Indowarta.com Badai Cempaka merupakan sebuah angin siklon yang mengakibatkan sebuah bencana yang telah terjadi di beberapa daerah dan bahkan sudah menelan banyak korban jiwa di Indonesia. Beberapa bencana yang dimaksud seperti banjir, tanah longsor.

BACA JUGA : TNI Serius Usut Kasus La Gode yang Tewas di Markas Tentara!

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho melansir, untuk lokasi bencana di selatan Pulau Jawa. Badai Cempaka terjadi di sekitar 32 km sebelah selatan-tenggara Pacitan provinsi Jawa Timur yang memiliki kekuatan mencapai 65 km per jam, yang terjadi pada Selasa (28/11/17).

“Yang terpengaruh ada 21 kabupaten/kota di Pulau Jawa dan Bali,” ujar Sutopo.

Berdasarkan data sementara yang sudah dihimpun dari Posko BNPB, menyatakan kalau bencana itu telah terjadi di Klungkung, Purworejo, Tulungagung, Semarang, Klaten, Malang, Kota Yogyakarta, Wonosobo, Gunung Kidul, Sukoharjo, Kulon Progo, Situbondo, Sidoarjo, Pacitan, Wonogiri, Ponorogo, Serang, Sukabumi, Sleman, Bantul, dan Kudus.

Banjir Pacitan
Copyright ©Tribun

Namun kawasan yang paling dekat dengan badai Cempaka adalah Pacitan, telah mengalami hujan lebat hingga menyebabkan banjir dan tanah longsor dikawasan tersebut, yang terjadi pada Selasa (28/11/17) dini hari.

BACA JUGA : Badai Cempaka Mulai Melemah, Siklon Tropis Dahlia Mulai Mengancam!

Sejumlah sungai yang ada di Pacitan telah meluap hingga tidak dapat menampung intensitas air yang tinggi. Kondisi itu menyababkan seluruh rumah warga yang ada di beberapa kabupaten terendam oleh banjir.

Akibat dari adanya badai Cempaka ini, banjir di kawasan Pacitan meluas hingga terjadi di 13 desa dari 3 kecamatan. Diantaranya Kecamatan Arjosari (Desa Pagutan, Desa Jatimalang, Desa Arjosari). Jalan lintas selatan lumpuh total. Kecamatan Pacitan (Desa Sirnoboyo, Desa Sukoharjo, Desa Kayen, Desa Kembang, Desa Ploso, Desa Arjowinangun, Desa Sidoharjo), Kecamatan Kebon Agung (Desa Purworejo,  Desa Banjarjo, Desa Kebon Agung).

Disamping itu, bencana banjir dan tanah longsor di Pacitan sudah menelan 11 korban jiwa. Korban yang meninggal dunia terdiri dari dua orang yang terbawa arus banjir dan sembilan orang yang tertimbun tanah longsor.

BACA JUGA : Jalur Ke Pacitan Masih Tertutup Tanah Longsor dan Banjir!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here