Hati Hati, Penipuan lewat FB Semakin Marak di Berau!

0
446
FB
Copyright©tegarnews

Hati Hati, Penipuan lewat FB Semakin Marak di Berau!

Indowarta.com – Seiring kemajuan teknologi yang semakin pesat, banyak masyarakat yang telah memanfaatkannya untuk membantu aktivitas mereka sehari-hari. Bahkan dengan adanya teknologi yang semakin canggih ini membuat banyak orang menggunakannya.

BACA JUGA : Baru Kenal di FB, Cowok Ini Terpaksa Polisikan Perempuannya!

Namun, masih ada sejumlah pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan keberadaan media sosial untuk melakukan penipuan kepada orang lain. Bahkan sekarang ini aksi penipuan dengan modus menggunakan akun media sosial Facebook (FB) sedang marak terjadi.

Hal itu dilakukan oleh para pelaku dengan cara membajak akun FB milik seseorang dan menggunakannya untuk melakukan penipuan. Salah satu yang menjadi korban dengan menggunakan modus ini adalah Madri Panim, yang merupakan warga Kampung Gurimbang.

WAJIB BACA :  Njiplak Snapchat, FB Perkenalkan Augmented Reality ke Messenger!

Akun FB miliknya sudah dibajak oleh orang yang tak bertanggung jawab dan digunakan untuk meminta pulsa kepada sejumlah rekan-rekannya. Satu per satu temannya sudah menerima pesan untuk mengisikan pulsa sebesar Rp 150 ribu.

Modus Penipuan
Copyright©Facebook/Madri Pani

Untuk mengantisipasi adanya korban dalam penipuan ini, kemudian Madri mengirimkan pesan kepada seluruh rekannya dan Berau Post, berisikan “Mohon jangan ditanggapi kalau ada yang minta uang atau pulsa atas nama saya MADRI PANI, itu penipuan”.

Baca Juga WhatsApp Luncurkan Fitur Nonton Youtube Sampai Bisukan Video!

Terkait dengan modus penipuan melalui pembajakan akun FB ini sedang ramai dibicarakan oleh masyarakat Berau melalui beberapa grub WhatsApp. Terkait dengan adanya masalah ini telah ditanggapi oleh Kapolres Berau AKBP Andy Ervyn.

WAJIB BACA :  Njiplak Snapchat, FB Perkenalkan Augmented Reality ke Messenger!

Pihaknya meminta kepada seluruh masyarakat untuk tidak mudah percaya pada saat ada teman atapun keluarga yang meminta tolong lewat akun FB ataupun beberapa media sosial lainnya. Untuk mencegah terjadinya penipuan, sebaiknya langsung mengonfirmasikan kepada yang bersangkutan.

“Dihubungi dulu dan jangan mudah percaya, pastikan semuanya jelas,” kata dia, beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan, modus penipuan yang dilakukan dengan cara membajak akun FB ini merupakan sebuah modus lama. Seperti halnya menggunakan modus hadiah undia, keluarga yang dikabarkan tertangkap karena obat-obatan terlarang dan kemudian meminta tebusan, serta mengabarkan keluargnya kecelakaan.

“Sebetulnya modus penipuan melalui medsos itu sudah lama, jadi tingkatkan kewaspadaan dan konfirmasi terlebih dahulu adalah cara yangpaling tepat,” tutur dia.

BACA JUGA : FB Wajibkan Penggunanya Selfie Untuk Keamanan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here