Youtube Kembangkan Fitur Serupa dengan Snapchat!

0
184
Youtube
Copyright©tribunnews

Youtube Kembangkan Fitur Serupa dengan Snapchat!

Indowarta.com – Kali ini Youtube masih saja melakukan pembenahan dan pembaruan pada fitur pendukungnya. Layanan tersebut saat ini tengah menguji fitur terbarunya yang dinamai ‘Reels‘.

Jika ditilik dari cara kerjanya, mekanismenya hampir sama dengan Snapchat maupun Instagram Stories. Dengan fitur Reels ini memungkinkan pengguna untuk membagikan foto maupun video pendek yang berkaitan dengan aktivitas mereka sehari-hari.

Tujuan diberikannya fitur Reels ini ialah sebagai alternatif bagi para kreator Youtube untuk berekspesi dan berinovasi dengan unggahan mereka baik foto maupun video. Hal itu dilakuan karena video-video yang ada dalam layanan ini biasanya sebelum ditanyangkan harus melewat sejumlah prosedur.

Video-video tersebut harus melewati proses produksi dan pengeditan yang matang. Seperti halnya Snapchat dan juga Instagram Stories, konten tebaru milik Youtube ini disebut-sebut akan lebih apa adanya dan lebih spontan.

Youtube
Copyright©Merdeka

Dari lansiran the Verge Jumat, 1 Desember 2017 menyebutkan jika Reels akan memiliki tab sendiri. Ini diberikan supaya kontennya terpisah dari video-video utama yang ada di Youtube. Hingga kini fitur Rells ini baru bisa dijajal oleh sejumlah kreator Youtube saja.

Belum jelas kapan pastinya Reels akan hadir dan siap digunakan untuk semua youtubers. Meskipun prinsipnya sederhana seperti Snapchat dan Instagram stories, semua fitur baru tentunya mempunyai keunikan tersendiri tak terkecuali Reels.

Keunikan yang mencolok nantinya yakni konten-konten yang berada di dalam Reels tak akan hilang setelah 24 jam. Konten tersebut akan tetap tersimpan, kecuali sang kreator atau pengguna ingin menghapusnya.

Bukan hanya itu sjaa, kreator pun nantinya juga bisa memiliki multipe Reels dengan set video atau tema yang seirama. Misanya saja tema yang digunakan berjudul ‘Cookig tips’, maka kreator dapat memasukan sejumah cuplikan video pendek seputar tips memasak. Kemudian jika ada judul ‘Trip’, konten yang bisa diisi oleh kreator ialah terkait dengan liburan.

Cara membuat konten Reels sendiri Anda cukup merekam video via smartphone dengan durasi maksimal 30 detik, lalu Anda bisa sisipkan filter, musik ataupun teks. Cukup dikatahui fitur Baru Youtube ini diberikan seiring dengan perekrutan Todd Sherman yang sebelumnya menjabat sebagai Lead Manager di Snapchat.

Baca juga : Viral di YouTube, Video Oknum Guru Honorer Tendang Kepala Murid di Tangerang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here