Elektabilitas Tinggi, Anies Baswedan Jadi Cawapres Prabowo?

0
397
Anies Baswedan
Copyright©Tempo

Elektabilitas Tinggi, Anies Baswedan Jadi Cawapres Prabowo?

Indowarta.com – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dikaitkan dengan cawapres dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Nama Anies semakin sering disebut setelah elektabilitany menjadi yang tertinggi sebagai cawapres.

Elektabilitas Anies menjadi yang tertingi dalam rilis survei Indo Barometer di Senayan, Jakarta pada Minggu, 3 Desember 2017. Mengenai hasil rilis tersebut juga ditanggapi oleh Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon.

Menurutnya ahli tersebut menjadi masukan bagi partainya untuk menentukan cawapres yang akan diusung mendampingi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. ‘Itu bisa jadi bahan pertimbangan, tapi saya tak ingin berbicara banyak. Tapi Gerindra nanti juga perlu membiarakan cawapres ini’ ujarnya saat ditemui di Senayan, Jakarta pada Minggu, 3 Desember 2017.

WAJIB BACA :  Ketika Sudirman Said Tiba di kediaman Prabowo !

Namun Fadli tak menjawab ketika ditanya komitemen Anies Baswedan untuk mendampingi DKI Jakarta hingga 2022 jika ditengah jalan nanti ditawari sebagai cawapres. Wakil Ketua DPR itu menuturkan saat ini Anies telah berkomitmen membenahi Jakarta hingga masa jabatannya selesai.

Anies Baswedan,
Copyright©Elshinta

Fadli sendiri menuturkan jika saat ini Jakarta juga mempunyai sejumlah permasalahan yang harus diselesaikan. Akan tetapi menurutnya dalam politik semua hal bisa saja terjadi. Oleh sebab itu ketika ditanya apakah Anies nantinya akan mendampingi Prabowo, dia tak menampik ataupun membenarkannya.

Sementara itu Gubernur DKI Jakarta menempatkan namanya menjadi pemilik eletabilitas tertinggi sebagai cawapres dalam survei barometer yang dirilis di Hotel Atlet Century Park, Senayan, Jakarta pada Minggu, 3 Desember 2017. Dari pertanyaan terbuka, elektabilitas Anies mencapai 10,5 persen dan pada pertanyaan tertutup yang dibatasi 12 nama, elektabilitas Anies meningkat menjadi 11,8 persen.

WAJIB BACA :  Belum Sampai Puncaknya, Apa Solusi Anies Baswedan Sandiaga Uno Atasi Banjir Jakarta?

Diungkapkan oleh Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodri ada sejumlah nama yang berada di bawah elektabilitas Anies sebagai cawapres. Ada Agus Harimurti Yudhoyono (10,3 persen), Panglima TNI Gtot Nurmantyo (9,3 persen), Ketum PKS Sohibul Iman (5,4 persen), mantan Panglima TNI Moeldoko (3 persen) dan Puan Maharani (2,8 persen).

Jika nantinya Anies Baswedan menjadi cawapres Ketua Umum Partai Gerindra, maka elektabilitasnya akan meningkat dua kali lipat menjadi 22,5 persen. Semua cawapres dalam rilis lembaga survei mengatakan elektabilitasnya akan naik jika benar-benar terpilih menemani Prabowo maju dalam Pilpres 2019 mendatang.

Baca juga : Keyakinan Fadli Zon Saat Berani Ramal Prabowo Jadi Presiden di Tahun 2019!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here