Fakta Tentang Balis, Motor Listrik Roda Tiga yang Sedang Viral!

0
913
Motor listrik roda 3
Copyright©tribunnews

Fakta Tentang Balis, Motor Listrik Roda Tiga yang Sedang Viral!

Indowarta.com – Sepeda motor listrik roda 3 kini menjadi viral dan banyak diperbincangkan beberapa waktu terakhir. Kendaraan yang menggunakan tenaga listrik ini belakangan ini kerap muncul dan terakhir kali tertangkap kamera di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Setelah ditelusuri ternyata produk kendaraan litrik dalam negeri tersebut beremerek Selis. Kendaraan roda 3 itu ternayat juga sudah dipamerkan di ajang pameran otomotif GIIAS 2017 tepatnya bulan Agustus 2017 lalu.

Untuk spesifikasinya, motor listrik roda 3 ini mempunyai daya pendukung 1.500 watt dengan kapasitas baterai 50 amper serta daya input 220 volt. Jika baterai terisi penuh, motor listrik ini bisa dibawa menyesuri jalan sejauh 50 kilometer hingga 60 kilometer.

Pengisian aterai mulai dari nol hingga penuh memerlukan waktu selama enam jam hingga delapan jam. Setelah dilakukan penelusuran akhirnya dealer yang diguakan sebagai tempat pemasaran motor lisrik merek Selis ini ditemukan.

Motor Listrik Roda Tiga
Copyright ©otomotifkompas

Kemudian ditempat tersebut ditemui Store Manager Selis, Dadi Sumardi. Motor listrik yang dinamai Balis ini kemudian dikupas lebih dalam lagi dan bahkan sempat dilakukan test drive. Saat itu ditemukan sejumah fakta menarik darai motor lisrik dengan roda tiga ini.

Balis sendiri ternyata merupakan hasil prouksi sendiri alias dari dalam negeri. Meskipun beberapa inspirasi desainnya masih mengambil dari luar negeri, motor listrik ini dibuat dan diciptakan oleh Indonesia.

Kemudian tercatat seja meluncur bulan Agsutus 2017 lau, penjualannya telah lebih dari 100 unit di seluruh Indonesia, bahkan ada inden perbulannya. Balis sendiri dijual dengan harga Rp 35 juta, tapi sayangnya saat ini belum bisa dibeli secara angsuran atau kredit.

Hal tersebut karena regulasi motor listrik roda 3 ini di dalam negeri belum juga rampung sampai saat ini. Balis juga belum dilengkapi dengan BPKB dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Meskipun begitu Balis sendiri kini banyak menarik antusias masyarakat karena desain yang unik dan bisa menampung dua orang penumpang. Sedangkan jika dilihat dari desainnya, Balis mempunyai kesamaan dengan motor listrik roda tiga di luar negeri seperti China.

Dari pengakuan Operating Director Selis Indonesia, Wilson Teoh menyebutkan jika secara desain motor listrik Balis memang diombinsikan dengan motor yang ada di luar negeri. Akan tetapi menurutnya pengembangan dan lain sebaginya tetap dilakukan di Indonesia.

Baca juga : Dimana Bisa Membeli Motor Listrik Roda Tiga Balis?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here