5 Penyebab Mata Rusak Karena Penggunaan Lensa Kontak!

0
492
Lensa Kontak
Copyright ©Shutterstock

5 Penyebab Mata Rusak Karena Penggunaan Lensa Kontak!

Indowarta.com – Sekarang ini kebanyak orang sudah memilih lensa kontak untuk menggantikan kacamata. Memang banyak keuntungan yang didapat dengan menggunakan lensa tersebut. Akan tetapi, tidak seperti halnya kacamata, lensa itu sangat perlu mendapatkan perawatan dan perhatian khusus.

BACA JUGA : Ibu Rumah Tangga Lebih Rawan Terinfeksi HIV Dibandingkan Dengan Pekerja Esek Esek!

Disamping itu, kebiasaan yang salah saat menggunakan lensa kontak ini dapat menyebabkan kerugian untuk mata, seperti mata akan terinfeksi. Dalam sebuah penelitian 2015 lalu menyebutkan, sekitar 99 persen orang sudah menggunakan lensa itu dengan kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan infeksi.

Berikut sejumlah kebiasaan buruk dari pengguna lensa kontak dan dan alasan penting untuk tidak melakukannya:

  1. Mandi dan berenang menggunakan lensa kontak

Berdasarkan penelitian tahun 2009, lensa kontak lebih mudah menyerap air dan dapat meningkatkan jumlah organisme pada air keran, sehingga dapat mengubah bantuk lensa secara keseluruhan. Biasanya dalam air kran mengandung mikro-organisme Acanthamoeba yang akan berdampak pada infeksi pada mata.

  1. menggunakan lensa kontak melebihi tanggal kadarluarsa

Lensa Kontak, Mata
Copyright ©Shutterstock

Lensa kontak yang sudah kadaluarsa akan dipenuhi oleh kuman dan perlindung, residu, dan protein. Sehingga akan menyababkan kontak mata akan semakin tidak nyaman digunakan. Berdasarkan Akademi Ophthalmology dan Asosiasi Optometris Amerika bahwa hal tersebut akan dapat menyebabkan iritasi dan kerusakan pada mata.

  1. Tidak mengganti wadah lensa kontak

Wadah lensa kontak seharusnya dibersihkan setiap hari dan menggantinya pada tiga bulan sekali. Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan jurnal Ophthalmology menyatakan, wadah  yang tidak pernah dibersihkan akan beresiko 6,4 kali terkena infeksi mata.

  1. Menggunakan air keran saat membersihkan lensa kontak

Kandungan Acanthamoeba  di air keran akan dapat mengakibatkan iritasi pada mata, mata merah, luka serta dapat merusak penglihatan seseorang. Hal ini juga terdapat pada air keran yang sudah siap minum.

  1. Tidur menggunakan lensa kontak

Centers for Disease Control and Prevention atau CDCP di Amerika Serikat menyatakan, ada 25 persen infeksi pada mata disebabkan karena sebuah faktor resiko yang dapat diubah, yang salah satunya adalah kebiasaan tidur dengan menggunakan lensa kontak.

BACA JUGA : Kesalahan Fatal yang Dilakukan Saat Memakai Kontak Lensa!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here