6 Cara Tidur Sehat Sesuai Tuntunan Nabi Muhammad SAW!

0
228
Kamar Tidur
Copyright©interiorsroom

6 Cara Tidur Sehat Sesuai Tuntunan Nabi Muhammad SAW!

Indowarta.com – Untuk memperingati Hari Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada Jumat, (1/12/17), ada banyak cara yang dilakukan oleh umat Islam. Namun ada baiknya kita mempelajari ilmu yang dapat dipetik dari teladan Rasulullah SAW. Salah satunya adalah mengenai bagaimana cara tidur yang diajarkan Nabi Muhammad SAW.

BACA JUGA : 5 Penyebab Mata Rusak Karena Penggunaan Lensa Kontak!

Pada kenyataanya, pola tidur Nabi Muhammad SAW merupakan pola tidur yang sangat menyehatkan dan sudah diakui oleh para pakar kesehatan. Sala satu cara tidur sehat adalah dengan memadamkan lampu, apa yang menjadi alasannya?

Mematikan lampu pada saat akan tidur memang merupakan salah satu ajaran Rasulullah SAW. Dalam hadits yang diriwayatkan Bukhari, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Padamkanlah lampu-lampu di malam hari pada saat kalian tidur malam, kuncilah pintu dan tutuplah bejana, makanan dan minuman.”

Apa hikmah dari ajaran Rasulullah ini? Pada kenyataannya tidur dengan mematikan lampu merupakan salah satu cara tidur sehat. Dalam sebuah penetilian yang dilakukan oleh Joan Robert menyatakan, tubuh akan dapat memproduksi hormone melatonin pada saat sudah tidak ada cahaya.

Tidur Menghadap Kanan
Copyright©tstatic

Sedangkan hormone melonin ini sudah diproduksi dari kelanjar peneal dan memiliki fungsi untuk dapat mengatur ritme tidur, mejaga kesehatan jantung, meningkatkan kekebalan tubuh, antikanker, dan penekanan peningkatan kolesterol.

BACA JUGA : Kanji, Tepung Singkong yang Bisa Digunakan Obati Asam Lambung!

Terkait dengan manfaat cara tidur sehat ini dapat kita lihat pada jurnal Cancer Genetics and Cytogenetics. Dalam tulisan itu menyatakan, jika penerangan sudah dibuat dari cahaya buatan maka akan dapat mempengaruhi jam biologis tubuh. Serta menjadi pemicu dari kecenderungan ekpresi dari sejumlah sel yang miliki kaitan dengan pembentukan sel kanker.

Sama halnya dengan penelitian Society for Neuroscience, di San Diego tahun 2010, yang sudah menyebutkan keterkaitan antara kolerasi cahaya lampu dan tingkat depresi. Seorang pekerja di tengah malam dan orang yang sering terkena cahaya di malam hari akan cenderung kehilangan mood dan menyebabkan depresi.

Semua penelitian yang dilakukan oleh ilmuan barat menjadi penguat dari Hadist Nabi Muhammad SAW mengenai cara tidur sehat dengan mematikan lampu. “Padamkanlah lampu saat akan tidur, tutuplah pintu, tutuplah rapat-rapat bejana-bejana dan tutuplah makanan dan minuman” (HR.Muttafaq’alaih).

BACA JUGA : Ibu Rumah Tangga Lebih Rawan Terinfeksi HIV Dibandingkan Dengan Pekerja Esek Esek!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here