Mulai 2018, Bitcoin Dilarang Bertransaksi di Indonesia!

0
208
bitcoin
Copyright ©majalahmatra

Mulai 2018, Bitcoin Dilarang Bertransaksi di Indonesia!

Indowarta.com – Kali ini transaksi pembayaran menggunakan botcoin dilarang digunakan oleh Bank Indonesia (BI). Larangan penggunaan bitcoin tahun 2018 ini diatur dalam peraturan yang telah dibuat oleh BI. Peraturan tersebut rencananya akan dikeluarkan dalam waktu dekat ini.

Mengenai larangan ini juga disampaikan oleh Kepala Pusat Program Tranformasi BI, Onny Widjanarko. Dia mengatakan jika dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) terkait uang elektronik yang keluar dalam waktu dekat akan diatur. Salah satu yang akan masuk dalam PBI yakni mengenai penggunaan bitcoin di Tanah Air.

‘Saat ini memang belum ada aturan yang jelas jika masyarakat melakukan transaksi dengan bitcoin. Namun peraturan akan diperjelas dalam waktu dekat’ ujar Onny saat ditemui di Jakarta pada Selasa, 6 Desember 2017.

Mengenai penggunaan uang elektronik jenis ini belum diatur secara spesifik oleh BI. Hingga saat ini pengkajian masih terus dilakukan terkait dengan penggunaan uang ini. Pengkajian tersebut nantinya akan menentukan apakah itu akan diatur dalam PBI uang elektronik atau terpisah.

 Bitcoin
Copyright©forexnewsnow

Misalnya bitcoin bisa saja nanti akan masuk dalam PBI crytpcurrency. Namun yang jelas BI tetap menghimbau agar merchant tak menerima bitcoin sebagai alat pembayaran resmi di Indonesia. Jika tetap diterima dan masyarakat mengalami kerugian, maka BI tidak akan bertanggung jawab.

Sementara itu pihak BI sendiri mengkhawatirkan dan juga masih mencermati resiko penggunaan bitcoin oleh masyarakat. Hal itu dilakukan karena BI mencurigai adanya potensi penyelewengan bitcoin digunakan untuk tindakan melawan hukum. Dicurigai bitcoin digunakan untuk kegiatan terorisme, pencurian uang, prostitusi dan perdagangan obat terlarang.

Seperti diketahui saat ini memang ada investor yang menggunakan bitcoin sebagai alat untuk investasi. Sedangkan sejumlah negara juga berinteraksi berbeda terkait penggunaan uang jenis ini. Seperti China dan Rusia menolak kehadiran bitcoin, namun Jepang menerima transaksi menggunakan bitcoin ini.

Sedangkan menurut Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran, Eny V Panggabean pengguaan bitcoin sebagai alat transaksi dilarang di dalam Penyelenggaraan Sistem Pembayaran (PJSP). ‘Kita melarang bitcoin untuk ditransaksikan di PJSP. Artinya ya kalau diluar PJSP dia melakukan at their own risk’ ujarnya beberapa waktu lalu.

Menurtnya dilarangknya penggunaan bitcoin sebagai alat transaksi yang sah resmi diatur dalam undnag-undang. Transaksi yang boleh dilakukan di Indonesia hanya rupiah.

Baca juga : Bank BUMN Sepakat Tak Pungut Biaya Soal Top Up Uang Elektronik!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here