Fit And Proper Test untuk Marsekal Hadi Tjahtjanto Sebelum Jadi Panglima TNI!

0
133
hadi
[email protected]

Fit And  Proper Test untuk Marsekal Hadi Tjahtjanto Sebelum Jadi Panglima TNI!

Indowarta.com – Uji kepatutan dan kelayanan (fit and proper test) calon palinglima TNI akan segera digelar oleh Komisi I DPR, hal tersebut dilakukan terhadap Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto.

BACA JUGA : Akan Tunjuk Marsekal Hadi Tjahjanto Jadi Panglima TNI, Jokowi Kembalikan Tradisi Rotasi !

Sebelumnya, Marsekal Hadi Tjahtjanto merupakan calon panglima TNI yang telah ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Penunjukan itu dilakukan untuk menggantikan posisi dari Jenderal Gatot Nurmantyo.

“Mulai jam 10.00 WIB hari Rabu kami akan mulai melaksanakan uji kelayakan,” ujar Wakil Ketua Komisi I DPR, TB Hasanuddin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (5/12/17).

Hasanuddin mengungkapkan, dalam kurun waktu 45 menit pihaknya akan melakukan pemeriksaan administrasi terlebih dahulu, selanjutnya akan memulai melakukan uji kepatutan dan kelayakan kepada Marsekal Hadi Tjahtjanto.

Untuk penjelasan mengenai visi dan misi akan dilakukan secara terbuka, sedangkan untuk pendalamannya akan dilakukan secara tertutup. Disamping itu, sampai sekarang ini masih belum ada penolakan yang telah diajukan oleh fraksi dalam penentuan calon panglima TNI ini, baik dari sejumlah fraksi pendukung pemerintah ataupun fraksi diluar pemerintah.

Marsekal Hadi Tjahjanto
Copyright©poskotanews

Walau ada salah satu fraksi yang menyatakan kalau sosok Marsekal Hadi Tjahtjanto tidak terlalu menonjol jika dilihat dari segi prestasi. Terkait dengan hal itu, telah diungkapkan oleh Ketua Fraksi Partai Gerindra, Ahmad Muzani.

BACA JUGA : Mahfud MD Kritik Abu Janda Soal Hadist!

“Sebagai Kepala Staf AU saya kira beliau belum terlalu lama jabatannya di situ. Menurut saya tidak ada prestasi yang luar biasa, tak ada juga ide-ide yang luar biasa. Tapi sebagai seorang prajurit beliau cukup baik,” kata Muzani.

Sedangkan untuk sejumlah fraksi lainnya di DPR menganggap kalau langkah yang telah ditentukan oleh Presiden Jokowi dalam memilih Marsekal Hadi Tjahtjanto untuk menjadi calon panglima TNI sudah tepat, khususnya dengan menunjukan kepala staf yang berasal dari mitra Angkatan Udara.

Wakil Ketua Komisi I dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Hanafi Rais mengatakan, perwakilan dari Angkata Udara terakhir kalinya telah ditunjuk pada masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Saya pikir ini sudah tepat dan KSAU ini dibilang the right man on the right place, on the right time,” ungkap dia.

BACA JUGA : Cuitan ‘Nyindir’ Mahfud MD soal Pengacara Setya Novanto Lapor ke Pengadilan HAM!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here