Ini Dia Orang Terkaya di Indonesia yang Paling Tua!

    0
    969
    Orang terkaya di Indonesia
    Copyright ©tribunpekanbaru

    Ini Dia Orang Terkaya di Indonesia yang Paling Tua!

    Indowarta.com – Nama Eka Tjipta Widjaja disebut oleh Fobes sebagai salah satu orang terkaya di RI. Pria keturunan Tionghoa ini selalu menjadi langganan atau berada di 10 besar orang terkaya di Indonesia.

    Selain dinobatkan sebagai salah seorang terkaya, Eka Tdipta juga menjadi orang paling tua di Indoensia saat ini. Eka sediri lahir di China 96 tahun yang lalu tepatnya pada bulan Februari 1921. Pria ini merupaka pendiri sekaligus pemilik Sinar Mas Group yang mempunyai konglomerasi bisnis.

    Eka sendiri mempunayi total kekayaan mencapai 9,1 dollar Amerika Serikat atau setara dengan Rp 122 triliun. Jumlah tersebut terlihat naik secara signifikan dibandingkan dengan total kekayaannya tahun lalu yang hanya menyentuh angka Rp 5,6 milar dollar Amerika Serikat.

    Disebutakan dari data Fobes Eka Tjipta yang berasal dari daratan Cina sudah memupuk jiwa bisnisnya sejak usia remaja. Ketika itu perusahaan yang diidriannya Sinar Mas mempunyai banyak lini bisnis mulai dari properti, bank, perkebunan, industri, telekomunikasi dan masih banyak lainnya.

    Orang terkaya di Indonesia
    Copyright ©seminarjatim

    Dengan catatan tersebut tak heran Eka menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia. Dia mulai menginjak kaki di Indonesia ketika baru berumur 9 tahun yakni sekitar tahun 1932. Saat itu kota yang ditujunya ialah Makassar.

    Dari sejumlah sumber menyebutkan jika Eka tidak sempat mengenyam bangku sekolah tinggi. Dia hanya lulusan sekolah dasar atau SD karena saat itu keterbatasan biaya. Bahkan untuk pindah ke Indonesia saja, keluarganya dikabarkan harus meminjam uang dari renternir dengan bunga yang besar.

    Menginjak remaja benih-benih bisnis Eka mulai tumbuh dan diumur 15 tahun dia mulai mencoba berjualan gula serta biskuit dengan cara membelinya secara grosiran. Singkat cerita akhirnya tahun 1980-an, Eka memutuskan untuk menjadi seorang wirausahawan.

    Ia pun membeli sebidang kebun dengan luas 10 ribu hektare di Riau, lalu dia juga membeli mesin dan pabrik yang bisa menampung 60 ribu ton sawit. Bisnisnya mulai berkembang, dia pun mulai meningkatkannya dan merambah ke sektor bisnis lainnya.

    Kini SinarMas sudah tersohor dengan banyaknya proyek properti besar yang dibangun di sejumlah provinsi di Indoensia melalui anak usahanya Siarmas Land. Dari informasi ternyaata sinarmas Land tak hanya membangun proyek di Indoensia, namun juga di Cina hingga Singapura.

    Selain Eka ada orang terkaya di Indonesia lainnya yang berusia 90 tahunan. Orang itu ialah Harjo Sutanto yang merupakan seorang pengusaha sekaligus pendiri perusahaan Wings. Pria tersebut saat ini berusia 91 tahun dan menurut Fobes, Harjo mempunyai kekayaan mencapai 1,2 miliar dollar Amerika Serikat atau setara dengan Rp 16,2 miliar.

    Baca juga : Baru Dirilis, Inilah 10 Orang Terkaya di Indonesia!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here