Tips Pintar Mengelola Bonus Akhir Tahun!

0
2745
Bonus Akhir Tahun
Copyright ©kompasiana

Tips Pintar Mengelola Bonus Akhir Tahun!

Indowarta.com – Mungkin untuk kalian para karyawan ada yang sedang ditunggu-tunggu di akhir tahun. Setelah pencapaian dan kerja keras selama satu tahun penuh tentunya akan menjadi apresiasi tersendiri dari perusahaan.

Aspirasi tersebut biasanya berupa bonus akhir tahun yang kini tengah ditunggu-tunggu oleh para karyawan. Namun sebagai penghasilan tak terduga bonus pada penghujung tahun tentu sangat mungkin membuat Anda menjadi lebih boros dan konsumtif.

Meberikan reward untuk diri sendiri setelah bekerja keras selama satu tahun penuh tentu tidak salah, namun alangkah baiknya bonus tersebut dialokasikan ke kebutuhan yang lebih bijak. Sebelum uang terlanjur habis maka Anda perlu membuat perencanaan pengeluaran keuangan yang matang.

Ada banyak perencanaan yang mungkin bisa dilakukan sebelum mendapatkan bonus akhir tahun. Mulai dari menyisihkan bonus untuk melunasi hutang hingga menyisihkan sebagain untuk berbagi atau bersedekah untuk orang yang membutuhkan.

Bonus Akhir Tahun
Copyright ©liputan6

Berikut ini tips mengelola bonus kahir tahun yang efektif :

– Sisihkan sebagian bonus untuk bayar hutang
Sebelum memebelanjakan uang alangkah baiknya lihat rapor biru, jika ada beban hutang maka sisihkan sebagian untuk membayarnya. Jika beban hutang terhitung besar dan sudah masuk rapor merah, sebaiknya prioritaskan bonus akhir tahun untuk melunasi hutang. Dengan melunasi hutang di awal jatuh tempo tentunya dapat mengurangi beban keuangan di masa depan, karena jika telat bayar Anda akan dikenakan denda atau bunga.

– Sisakan bonus untuk investasi
Jika bonus habis dengan percuma selanjutnya Anda tak mempunyai apa-apa, maka sisihkan sebagia untuk berinvestasi. Pilih saja investasi yang sederhana seperti emas, investasi ini mampu memberi hasil menarik untuk jangka pendek 1 hingga 3 tahun. Selain itu jika bonus akhir tahun Anda cukup bisa untuk meningkatkan nilai rumah yakni dengan cara renovasi. Kemudian jika Anda mempunyai bisnis, bonus akhir tahun bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here