Keputusan Donald Trump Soal Yerussalem Picu Kemarahan Berbagai Pimpinan Negara!

0
557
Donald Trump
Copyright ©voaIndonesia

Keputusan Donald Trump Soal Yerussalem Picu Kemarahan Berbagai Pimpinan Negara!

Indowarta.com – Seperti diketahui jika Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengakui jika Yerusalem merupakan ibu kota dari Israel. Keputusan itupun sontak menggerkan publik dan banyak menuai kemarahan dari pemimpin dunia.

Para pemimpin dunia banyak yang menyayangkan sikap yang diambil oleh Trump. Mereka merasa jika langkah pemerintah AS tersebut mengancam stabilitas di seluruh wilayah. Selain itu keputusan itu juga dianggap menghancurkan upaya perdamaian antara Israel dan Palestina.

Trump sendiri setelah mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel juga memerintahkan memindah keduataanya dari Tel Aviv ke Yerusalem. Keputusan miliarder nyentrik itupun langusng mendapat banyak tanggapan seperti dari Presiden Lebanon, Michel Aoun.

Dia menyebutkan jika keputusan Donald Trump mengecam proses perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah. Selaian itu tanggapan juga datang dari Pemerintah Yordania yang menilai jika keputusan itu ilegal. Hal itu diungkapkan langsung oleh juru bicara pemerintahan Yordania Mohammed Al Momani.

Donald Trump
Copyright ©liputan6

Dia mengungkapkan jika keputusan pemerintah AS itu dapat memicu kemarahan umat Islam dan Kristen. ‘Keputsan itu mengawali negosiasi yang dapat memicu kemarahan. Dengan itu juga akan mengobarkan emosi umat Islam dan Kristen di seluruh negera Arab dan negara yang penduduknya Islam’ ujarnya.

Kemudian ada lagi komentar dari Menteri Luar Negeri Qatar, Sheik Mohammed bin Abdulrahman. Dia mengatakan jika keputusan Donald Trump merupakan hukuman mati untuk semua orang yang mencari kedamaian. Warga Palestina menginginkan Yerusalem Timur sebagai ibu kota masa depan mereka dan Israel sendiri menganggap jika ibu kota ini satu dan tak bisa dipisahkan.

Pemerintah Pakistan juga menilai jika langkah yang idambil Trump merupakan pelanggaran keras. Jelas pemerintah AS melanggar hukum internasional dan resolusi Dewan Keamanan PBB.

Cukup diketahui jika Israel sendiri menduduki Yerusalem Timur pada akhir tahun 1967 dengan Suriah, Mesir dan Yordania berada di bawah kekuasan Israel secara sah. Namun masyarakat intersional atau dunia sendiri tak pernah mengakui klaim Israel atas Yerusalem.

Baca juga : Donald Trump Tabuh Genderang perang Pada Yerusalem?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here