Setya Novanto Akan Lolos Dari jeratan KPK Lagi?

0
966
Setya Novanto
Copyright ©tirto

Setya Novanto Akan Lolos Dari jeratan KPK Lagi?

Indowarta.com – Tersangka kasus korupsi pengadaan proyek E-KTP, Setya Novanto akan melawan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Perlawanan tersebut akan dilakukan Novanto dalam sidang praperadilan yang akan digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Kamis, 7 Desember 2017.

Sebelumnya Ketua DPR RI ini mengajukan praperadilan setelah KPK menetapkan status tersangka kepadanya. Praperadilan sendiri bukan pertama kali baginya, dia pernah bebas dari status tersangka dalam praperadilan pertamannya saat itu.

Novanto dinyatakan bebas saat itu setelah praperadilannya dikabulkan oleh hakim tunggal Cepi Iskandar. Sebelumnya ketua Umum Partai Gerindra ini ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi E-KTP oleh KPK pada tanggal 17 Juli 2017 lalu. Kemudian karena tidak terima akhirnya dia mengajukan praperadilan ke PN Jakarta Selatan pada 4 September 2017.

WAJIB BACA :  Istri Setya Novanto Sebut Suaminya Tak Mengeluh Sakit Lagi!

Gugatan yang diajukan Setya Novanto terdaftar dalam nomor 97/Pid.Prap/2017/PN Jak.Sel. Saat itu ada sejumlah pertimbangan yang membuat hakim mengabulkan praperadilan yang diajukannya. Hakim menilai penetapan tersangka Novanto oleh KPK sudah dilakukan di awal penyidikan.

Setya Novanto
Copyright ©nasional tempo

Padahal menurut Hakim, penetapan tersangka seharusnya dilakukan di akhir tahap penyidikan suatu perkara atau kasus. Selain itu hakim juga mempermasalahkan alat bukti yang digunakan oleh KPK untuk menetapkan Novanto sebagai tersangka. Manurut hakim alat bukti yang diajukan merupakan alat bukti yang digunakan dalam penyidikan dua tersangka sebelumnya.

Alat bukti itu dinilai telah digunakan dalam perkara Imran dan Sugiharto, mantan pejabat Kementerian Dalam Negeri yang telah divonis bersalah atas tindakan korupsi E-KTP. Saat itu Novanto pun akhirnya bebas dan status tersangka yang diberikan KPK akhirnya dicabut.

WAJIB BACA :  Istri Setya Novanto Sebut Suaminya Tak Mengeluh Sakit Lagi!

Akan tetapi tak berselang lama, KPK kembali mentapkan Novanto sebagai tersangka kasus yang sama. Penetapan tersebut juga ditanggapi oleh pria 62 tahun itu yakni dengan mengajukan kembali praperadilan untuk kedua kalinya.

KPK sendiri telah menyerahkan berkas perkara Setya Novanto ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta pada Rabu, 6 Desember 2017 kemarin. Nampak berkas sebanyak satu troli dibawa oleh jaksa KPK. Dengan penyampaian berkas semestinya praperadilan yang diajukan Novanto dinyatakan gugur oleh hakim karena berkas perkara sudah diserahkan ke pengadilan pokok perkara untuk diepriksa.

Hal tersebut merujuk dalam peraturan yang diatur dalam Pasal 82 ayat 1 huruf D KUHP. Disebutkan jika dalam suatu perkara muai dari diperiksa pengadilan negeri dan pemeriksaan mengenai permintaan kepada praperadilan belum selesai, maka permintaan itu dinyatakan gugur.

Baca juga : Kenapa Kader Golkar Ditolak KPK Saat Akan Jenguk Setya Novanto?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here