Ahok Masuk Diantara Jajaran Para ‘Pemikir’ di Dunia!

0
2707
Ahok
Copyright ©tribunwow

Ahok Masuk Diantara Jajaran Para ‘Pemikir’ di Dunia!

Indowarta.com – Nama mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Thahaja Purnama (Ahok) kembali muncul. Ahok yang kini berstatus terpidana kasus ujaran kebencian masuk daftar bergengsi ‘Top Global Thinkers 2017’ menurut majalah ternama Foreign Policy.

Pria keturunan Tionghoa yang pernah memimpin DKI Jakarta ini bergabung dengan sejumlah tokoh dunia ternama. Tokoh-tokoh dunia tersebut mulai dari Emmanuel Macron (Presiden Prancis), Moon Jae In (Presiden Korea Selatan), Jeremy Cotbyn (Pemimpin Oposisi Inggris), Kamala Harris (Senator California dan capres potensial AS di tahun 2020) serta para peerempuan penggerak gerakan fenomenal #MeToo.

Tercatat majalah ternama Foreign Policy mencatat ada 48 tokoh yang diniliai sebagai sosok ‘pemikir’. Nama-nama yang tercantum dalam majalah tersebut dinilai sebagai sosok yang mendefinisikan tahun 2017 dengan kontribusi yang membentuk pemikiran dunia.

WAJIB BACA :  Natal, Ahok Terima Remisi!

Ahok menjadi salahs atu tokoh asal Indonesia yang disebutkan dalam daftar tersebut. Dia dianggap sebagai seorang yang mempunyai Minorits ganda. Menurut editor Foreign Policy Benjami Soloway, suami Veronica Tan itu digambarakan suatu ikon yang berdiri tegak. Ikon tersebut berdiri melawan meningkatnya fundamentalis di Indonesia.

Ahok
Copyright©ytimg

Mantan orang nomor satu di Jakarta itu dianggap memiliki lidah sangat tajam di negara yang memiliki jumlah pemeluk Islam terbesar di dunia. Ahok disebut bukanlah politisi biasa Indonesia, mulai dari momen ketika dia menginjakan kaki di Jakarta tahun 2012 hingga prediksi jika dia akan menjadi sosok yang mengundang polarisasi.

Sebagai penyandang minoritas ganda yakni pria beretnis Tionghoa dan beragma Kristen Protestan tak menjadi masalah baginya. Akan tetapi hantaman dari sikap konservatif kaum Islam yang tak terbendung membuatnya jatuh. Berawal saat kesalahan di Kepulauan Seribu membuat karir politik Ahok harus kandas. Diapun menjadi simbol penting dari pluralisme yang tengah tersudut di negara Indonesia.

WAJIB BACA :  Natal, Ahok Terima Remisi!

Disebutkan dalam majalah Foreign Policy jika Ahok sebagai minoritas ganda dengan gaya implusif dapat melangkah begitu jauh di politik Indonesia. Tercatat dia hanya membutuhkan waktu tiga tahun untuk membuat karirnya melesat. Sebelumnya dia menjabat sebagai anggota DPR Bangka Belitung dan langsung menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Baca juga : Tak Bisa Bertemu Sesama Negara, Inggris Tempatkan 5 Wakil di Babak 16 Besar Liga Champions!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here