Praperadilan Setya Kasus Setya Novanto Gugur Setelah Dakwaan!

0
1698
Hakim tunggal praperadilan Kusno
Copyright ©Rilis

Praperadilan Setya Kasus Setya Novanto Gugur Setelah Dakwaan!

Indowarta.com – Kusno selaku hakim tunggal praperadilan akan tetap melanjutkan sidang yang telah diajukan oleh tersangka kasus dugaan korupsi, Setya Novanto. Hal itu dilakukannya karena sudah diatur dalam undang-undang.

BACA JUGA : Pernyataan Sosok Abu Janda yang Tidak Mendidik di ILC Reuni 212!

Pernyataan ini disampaikan terkait dengan selesainya penyelidikan perkara Setya Novanto dalam kasus korupsi itu. Kusno mengatakan, pada Pasal 82 Ayat 1 huruf d Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 (KUHAP) tentang Wewenang Pengadilan untuk Mengadili disebutkan peradilan akan gugur jika hakim pokok perkara mulai melakukan pemeriksaan terdakwa dalam persidangan.

“Jelas itu ya. Gugatan praperadilan gugur setelah perkara pokoknya mulai diperiksa. Setuju ya,” kata Kusno di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (7/12/17).

WAJIB BACA :  Istri Setya Novanto Sebut Suaminya Tak Mengeluh Sakit Lagi!

Kusno melanjutkan, pemeriksaan pokok tersebut akan mulai dilakukan jika dalam persidangan jaksa penuntut umum (JPU) sudah membacakan dakwaannya. Sedangkan saat ini sidang praperadilan Setya Novanto masuk dalam agenda pembacaan jawaban KPK atas petitum pemohon, yang akan digelar pada Jumat (8/12/17).

Setya Novanto
Copyright ©nasional tempo

“Tidak harus semua bukti pokok diajukan. Yang penting, kalau soal bukti, sudah dua alat bukti yang cukup. Jangan praperadilan dikasih bukti 2 meter, kapan selesai,” ujar dia.

BACA JUGA : Setya Novanto Akan Lolos Dari jeratan KPK Lagi?

Disamping itu, Kusno juga meminta kepada KPK untuk segera menyerahkan bukti P-21 atau lengkapnya berkas perkara dari Setya Novanto, terkait dengan bukti pelimpahan ke penuntut atau pelimpahan yang dilakukan ke pengadilan.

WAJIB BACA :  Istri Setya Novanto Sebut Suaminya Tak Mengeluh Sakit Lagi!

“Kalau memang sudah ditentukan kapan hari sidang, kapan pelimpahan, besok kalau perlu diajukan bukti itu. Jadi tidak ada perdebatan di belakangan hari,” tutur dia.

Sementara itu, dari jadwal yang telah mendapatkan kesepakatan bersama diantara dari KPK, hakim, dan pengacara Setya Novanto yaitu pada Senin (11/12/17), akan diawalinya pemeriksaan kepada sejumlah saksi.

Pada jadwal persidangan itu, pihak Setya Novanto akan menghadirkan tiga saksi dan ahli. Pada hari selanjutnya, KPK juga akan menghadirkan lima orang saksi dan ahli. Kemudian hakim akan membacakan keputusannya pada Kamis (14/12/17) atau pada Jumat (15/12/17) pagi.

“Supaya tidak ada pikiran hakim tergesa-gesa memutus atau juga menyatakan hakimnya dilambat-lambatkan. Jadi saya ingatkan supaya kita fair dalam sidang ini,” ucapnya.

BACA JUGA : Keluarga Ngaku Ditawari Uang Damai TNI Sebesar Rp 1.4 Juta Atas Kematian La Gode!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here