Jokowi Desak PBB Bersikap Soal Kebijakan Donald Trump Tentang Yerusalem!

0
419
Copyright ©okezone

Jokowi Desak PBB Bersikap Soal Kebijakan Donald Trump Tentang Yerusalem!

Indowarta.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengecam keras sebuah keputusan dari Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Presiden RI meminta agar Trump mempertimbangkan kembali keputusannya untuk mengakui Yerusalem ibu kota Israel.

BACA JUGA : Pihak Belanda Selidiki Racun yang Diminum Oleh Jenderal Slobodan Praljak!

“Pengakuan sepihak tersebut telah melanggar berbagai resolusi dewan keamanan dan majelis umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yang AS menjadi anggota tetapnya,” kata Jokowi dalam keterangan pers di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (7/12/17).

Jokowi menilai, keputusan Donald Trump yang mengakui Yarusalem merupakan ibu kita Israel akan dapat mengguncang keamanan dunia. Oleh kerena itu, Presiden menegaskan kalau pemerintah dan masyarakat Indonesia konsisten dalam memperjuangkan kemerdekaan dari Palestina.

WAJIB BACA :  Komentar Jokowi Soal Aksi Bela Palestina!

“Saya dan rakyat Indonesia, kita semuanya tetap konsisten untuk terus bersama dengan rakyat Palestina dalam memperjuangkan kemerdekaan dan hak-haknya sesuai dengan amanah UUD 1945,” ujarnya.

Mengenai hal tersebut, Jokowi meminta kepada Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi  untuk segera memanggila Duta Besar AS untuk RI, Joseph R Donovan Jr. Menlu. Dia diminta untuk menyampaikan pernyataan sikap ini kepada pemerintahan AS.

Jokowi
Copyright ©Antara

“Saya telah memerintahkan Menlu untuk memanggil Dubes AS untuk langsung menyampaikan sikap pemerintah Indonesia,” tegasnya.

BACA JUGA : Viral, Video ART Mandikan 3 Anak Majikan Sambil Live FB, Ini Akibatnya!

Dalam kurun waktu beberapa waktu ini, kata Jokowi, Indonesia terus menjalin kominikasi dengan sejumlah negara yang tergabung dalam Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). Pemerintah juga mendorong kepada beberapa negara itu untuk mengambil sikap dari keputusan Donald Trump.

WAJIB BACA :  Saat Aksi Bela Palestina, Kenapa Fadli Zon Malah Beri Pesan Menohok Untuk Jokowi!

“Pemerintah Indonesia telah berkomunikasi dengan negara-negara OKI agar segera mengadakan sidang khusus tentang masalah pengakuan sepihak ini pada kesempatan pertama. Dan meminta PBB untuk segera bersidang dan menyikapi pengakuan sepihak AS,” tuturnya.

Diketahui sebelumnya, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump sudah resmi mengakui kalau Yarusalem merupakan Ibu Kota Israel. Trump mengatakan, proses pemindahan Kedutaan Besar AS akan segera dilakukan.

Terkait dengan keputusannya itu, sudah disampaikan oleh Donald Trump dalam pidato yang dilakukan di Gedung Putih, Washington DC, pada Rabu (6/12/17) dini hari waktu Indonesia. Trump mengatakan kalau perpindahan Kedubes AS ke Yarusalem merupakan penerapan dari Undang-Undang Kedutaan Yerusalem yang telah disepakati oleh Kongres AS pada tahun 1995.

BACA JUGA : Jokowi Masuk Top 10 Pemimpin Dunia yang Paling Sering Dibicarakan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here