Kenapa Anies Baswedan Naikkan Bantuan Parpol Sampai 10 Kali Lipat?

0
365
Banjir Melanda Jakarta, Anies Baswedan Monitoring Menit Ke Menit
Copyright©Elshinta

Kenapa Anies Baswedan Naikkan Bantuan Parpol Sampai 10 Kali Lipat?

Indowaarta.com – Gubernur DKI Jakarta Anies baswedan kini menyatakan akan menaikan bantuan terhadap Partai Politik (Parpol). Hal tersebut terlihat setelah dirinya menandatangani surat Keputusan Gubernur Nomor 2027 Tahun 2017.

Dalam surat keputusan tersbeut mengantur tentang pemberian Hibah, Bantuan Sosial dan Bantuan Keuangan dalam bentuk uang kepada individu, keluarga, masyarakat, kelompok masyarakat, organisasi kemasyaraatan, pemerintah daerah lain dan pemerintah serta partai politik pada perubahan APBD 2017. Keputusan Gubernur tersebut ditandatangani langsung oleh Anies pada tanggal 27 Oktober 2017.

Selain itu didalamnya juga terdapat daftar besaran hibah, bansos dan bantua keuangan untuk sejumlah lembaga. Salah satu yanag juga tercantum ialah bantuan keuangan terhadap partai politik yang meningkat 10 kali lipat dari jumlah sebelumnya.

Keputusan gubernur mengenai kenaikan dana parpol ini ada di dalam pos Bakesbangpol DKI Jakarta pada APBD DKI Jakarta 2018. Berdasarkan keputusan tersebut sebanyak 10 partai poltik yang mendapatkan bantuan keuangan.

Intruksi Anies Baswedan Untuk Antisipasi Banjir
Copyright©kompas

Tertulis bantun yang sebelumnya mereka dapatkan dan besaran bantua itu naik 10 kali lipat. Misalnya dari sebelumnya mendapatkan Rp 410 persuara, kini mereka mendapatkan Rp 4.000 persuara.

Keputusan Anies Baswedan itupun juga ditanggapi oleh Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Sumarsono. Mantan pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta tersebut membandingkan kenaikan bantuan keungan untuk Parpol di DKI dengan tingkat nasional.

‘Jadi kenaikan dana parpol nasional sejak Rp 1.000, masa (DKI) Rp 4.000’ ujarnya saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta pada Rabu, 6 Desember 2017.

Menurutnya kenaikan bantuan keuangan untuk parpol itu melebihi aturan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. ‘Yang benar kan sekarang kenaikan Rp 1.000, pengaturan nasional, APBN. Tapi saat ini pemprov DKI justru berikan Rp 4.000 dan menurut saya ini sedikit berlebihan’ ujar Sumarsono.

Terkait dengan keputusan yang dambil oleh Anies Baswedan tersebut, Kemendagri masih mengevaluasi APBD DKI 2018 hingga 2 pekan ke depan. Seperti diketahui dalam laman apbd,jakarta.go.id yang diases hari ini, pemprov DKI menganggarkan bantuan keuangan untuk partai politik yang memiliki kursi di DPRD DKI Jakarta.

Berikut daftar kenaikan bantua keuangan untuk partai politik di Jakarta :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here