3 Hari Saja, Densus 88 Tangkap 19 Terduga Teroris!

0
550
Densus 88
Copyright©nasionaltempo

3 Hari Saja, Densus 88 Tangkap 19 Terduga Teroris!

Indowarta.com – Datasemen khusus (Densus) 88 Antiteror berhasil mengamankan 19 orang terduga teroris. Belasan orang tersebut berhasil dibekuk oleh Densus 88 hanya dengan kurun waktu tiga hari saja yakni mulai tanggal 9 hingga 11 Desember 2017.

Penangkapan terduga teroris tersebut dilakukan di tiga provinsi di Indonesia yakni Jawa Timur, Pekanbaru Riau dan Sumatera Selatan. Mereka 19 orang terduga teroris itu ditangkap karena diduga turut berperan dalam serangkaian aksi teror baik sebelum maupun terkait dengan organisasi terorisme.

Penangkapan ke19 orang terduga teroris oleh Densus 88 ini juga dijelaskan oleh Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Inspektur Jenderal Seyo Wasisto. Mereka kemudian dibawa ke Markas Brimob Kelapa Dua untuk melakukan pemeriksaan dan pendalaman kasus lebih lanjut.

Baca juga : Kronologis Penangkapan Terduga Teroris di Bandara Kedatangan Jokowi!

Pemeriksaan secara intensif akan dilakukan oleh pihak Densus 88. ‘Semua terduga akan menjalani pemeriksaan, selama 7 x 24 pendalaman akan dilakukan’ ujarnya saat ditemui di Markas Besar Polri pada Selasa, 12 Desember 2017.

Densus 88
Copyright©poskupang

Sedangkan nama-nama terduga teroris yang ditangkap di Jawa Timur yakni Pariung Dhani Pasandi, Muhidin Gani dan Rizqi Abdul Qadir. Pariung sendiri tergabung dalam kelompok Jamaah Anshrut Tauhid. Kemudian Gani dan Qadir merupakan kelompok Abu Jandal serta berabung denga ISIS di Suriah.

Kemudian dari Pekanbaru ada empat orang yakni Dewa Rizky Pamgestu, Rangga Repati, Agusi dan Dori Gusvendi. Keempatnya ditangkap didaerah berbeda dan mereka juga terlibat dalam sejumlah aksi terorisme.

Sisanya 12 orang ditangkap di Sumatera Selatan (Sumsel). Mereka semua yakni Abdul Kedir, Imran, Suwarto, Sugianto, Solihin, Zulkarnain, Jafar Saputra, Budiman, Zakri dan Slamet Widodo. Semua orang tersebut terduga teroris yang bergabung dengan anggota JAK.

Baca juga : Berita Terkini: Pelaku Teror Bendera ISIS Bisa Dijerat Pasal Terorisme!

Setyo mengatakan jika penangkapan terduga teroris memang sengaja dilakukan oleh Densus 88. Hal itu dilakukan karena merupakan bagian dari aksi pencegahan menjelang Natal dan Tahun Baru 2018. Semua pihak yang terlibat dalam antiterorisme melakukan hal ini agar tak terjadi aksi terorisme pada perayaan akhir tahunan nanti.

Menurut Setyo polisi pun beriskap profokatif mencegah sebelum terjadi. Selaian itu pihaknya juga mengharapkan agar masyarakat lebih perhatin serta waspada terkait dengan hal-hal yang mencurigakan berbau terorisme. Masyarakat sendiri diharapakan segera melaporkan sesuatu yang mencurikan.

Baca juga : Inilah Video Youtube Densus 88 Bekuk 1 Terduga Teroris di GunungKidul!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here