Berita Hari Ini : WHO Mulai Deklarasikan Status Darurat Untuk Virus Zika, Indonesia ?

0
1016
Virus Zika

Berita Hari Ini : WHO Mulai Deklarasikan Status Darurat Untuk Virus Zika, Indonesia  ?

Indowarta.comVirus Zika yang awalnya muncul di brazil yang mengakibatkan bayi bayi di Brazil yang baru lahir mengalami kerusakan otak itu oleh WHO dinyatakan berbahaya. Namun WHO sendiri belum membuktikan bahwa Kasus itu merupakan penyebab dari Virus Zika.

Oleh sebab itu, WHO mendeklarasikan status darurat kesehatan masyarakat untuk di seluruh dunia agar tetap waspada. Pengumunan itu di umumkan oleh Direktur WHO Margaret Chan.

Dengan demikian bahwa Dana Riset akan lebih cepat turun untuk meneliti apakah Nyamuk penyebab Virus zika ini yang menyebarkan atau bukan. Dampak dari Virus ini adalah dengan ukuran kepala yang tidak normal alias Mikrosefalus.

Status tersebut juga membuat pencegahan perempuan untuk mengandung semakin ketat demi mengontrol penyebaran nyamuk dan menghentikan penyebaran penyebab Virus tersebut.

Margaret Chan mengatakan bahwa ribuan bayi yang lahir dengan kondisi Mikrosefalus adalah sebuah tragedy yang sangat luar biasa dan juga menjadi ancaman bagi kesehatan umat manusia di seluruh dunia.

Margaret Chan juga mengatakan bahwa Anggota Komite setuju bahwa ini merupakan darurat kesehatan Internasional  dan semua menerima keputusan tersebut terkait Virus Zika.

Virus Zika-

Margaret Chan sebelumnya mendapat kritikan karena telah mengambil langkah yang dinilai lamban. Hal ini mirip seperti penetaoan status penyakit Ebola di Afrika barat yang menyebar hingga ke seluruh dunia.

Menurut Prof. David Heyann selaku kepala status darurat WHO mengatakan bahwa isu serius itu sendiri bukanlah Virus Zika karena hanya menyebabkan demam sedang. Namun ini khasus Mikrosefalus pada bayi yang baru lahir.

Prof. David Heyann menambahkan bahwa virus Zika sendiri tidak menjadikan kekawatiran massal bagi petugas Medis yang ada, namun kelahiran bayi- bayi anomali dari ibu yang sudah terjangkit Virus.

Kasus mikrosefalus ditemukan di Brasil dan sebelumnya pada 2014, ternyata ada kasus di Polinesia. Brazil menjadi awal tempat yang menjadi penyebab Virus tersebut dan hal itu pula untuk pencegahan, ribuan tentara diterjunkan untuk membasmi Jentik nyamuk yang diduga menjadi penyebab tertularnya Virus Zika tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here