Anies Baswedan Resmi Cabut 2 Raperda Terkait Reklamasi!

0
91208
Anies Baswedan
Copyright ©thewordnews

Anies Baswedan Resmi Cabut 2 Raperda Terkait Reklamasi!

Indowarta.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dibawah pimpinan Gubernur Anies Baswedan resmi mencabut dua rancangan peraturan daerah (Raperda). Dua Raperda yang resmi dicabut tersebut berkaitan dengan reklamasi.

Hal tersebut terlihat setelah draf raperda tersebut terlihat dikembalikan oleh DPRD DKI Jakarta pada Kamis, 14 Desember 2017 kemarin. Dua raperda terkait reklamasi tersebut diantaranya Raperda tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta dan Raperda tentang rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau kecil (RZWP3K).

Diserahkannya raperda ke DPRD DKI Jakarta ini dikatakan langsung oleh Anies Baswedan. ‘Kami sudah serahkan kemarin Kamis (14/12/2017). Kita akan lakukan pengkajian ulang dan raperda tersebut akan kami cabut’ ujarnya saat ditemui di Balai Kota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat pada Jumat, 15 Desember 2017.

Anies menambhakan jika dua raperda ini telah resmi di cabut. Dia mengaku semua konsekuensi dari pencabutan dua peraturan daerah ini landasan hukumnya akan dibuat kembali. Itu dilakukan guna memastikan tidak ada permaslahan yang timbul setelah dilakukannya pencabutan raperda.

Anies Baswedan
Copyright©merdeka

‘Kita akan buatkan lagi landasan hukumnya sebagai konsekuensi pencabutan raperda ini’ ujar Anies.

Cukup diketahui sebelumnya DPRD DKI Jakarta memang mendorong Pemprov DKI untuk mencabut raperda terkait reklamasi. Pencabutan itu sendiri dilakukan sebagai tindak lanjut dari surat yang dikirimkan oleh Gubernur DKI Jakarta. Anies sendiri sebelumnya telah mengirimkan surat terkait hal guna dilakukan pengkajian ulang ke DPRD.

DPRD DKI Jakarta sendiri sebelumnya mendorong Pemprov DKI menarik dua raperda tersebut. Hal itu disampaikan melalui Wakil Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD DKI Jakarta Merry Hotma dalam rapat pimpinan gabungan bersama Pemprov DKI Jakarta.

Dikatakan jika penarikan raperda tersebut sebagai tindak lanjut dari surat yang dikirim oleh Aneis Baswedan. ‘Nanti Pak Gubernur menambahkan, menyempurnakan kajian, meyempurnakan materi-materi Rapeda Tata Ruang dan Zonasi sesuai dengan kebutuhan yang dipandang Pak Gubernur sekarang untuk pemda DKI. Jadi lebih baik kami kembalikan supaya gampang’ ujar Merry saat ditemui pada Selasa, 12 Desember 2017.

Hal tersebut juga dijelaskan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 80 Tahun 2015 tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah serta Tata tertib DPRD DKI Jakarta. Disebutkan jika penarikan raperda dari pembahasan harus dilakukan dalam rapat paripurna. Oleh sebab itu DPRD mengembalikan dua raperda terkait reklamasi untuk dikaji ulang oleh Pemprov DKI.

Baca juga : Ketika Seorang Warga Ini Keceplosan Sebut Dapat Amplop dari Anies Baswedan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here