Awas, Polisi Akan Tangkap Penjual Petasan Saat Natal dan Tahun Baru!

0
223
Penjual Petasan
Copyright ©suluttoday

Awas, Polisi Akan Tangkap Penjual Petasan Saat Natal dan Tahun Baru!

Indowarta.com – Masyarakat tentunya sudah mempersiapkan untuk menyamput hari Natal dan Tahun Baru yang akan berlangsung beberapa hari nanti. Seperti tahun-tahun sebelumnya, petasan menjadi salah satu persiapan penting.

Mereka para warga yang menjual petasan di pinggir jalan tentunya sudah bersiap menggelar danganya. Namun sepertinya mereka harus waspada bahkan mengurungkan niatnya berjualan petasan, sebab pihak kepolisian akan melakukan tindakan bagi penjual petasan.

Mengenai hal tersebut juga di jelaskan oleh Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto. Dia menegaskan jika produksi petasan yang dijual oleh warga untuk menyambut datangnya Tahun Baru dan Hari Raya Natal 2017 merupakan ilegal.

Baca juga : 5 Bisnis yang Diprediksi Bakalan Booming Menyambut Tahun Baru 2018!

Mereka para penjual petasan dianggap ilegal karena memang belum ada instansi manapun yang memperboehkan penjualan petasan. ‘Produksi petasan saya pastikan ilegal, karena baik pihak Polri maupun instansi terkait tak pernah memberikan izin untuk diproduksinya petasan’ ujar Setyo wasisto saat ditemui di Kompleks Polri, Jakarta Selatan pada Jumat, 15 Desember 2017.

Penjual Petasan
Copyright ©merdeka

Setyo menambahkan dilarangnya penjualan petasan karena menurutnya petasan sama seperti bahan peledak yang tentunya sangat membahayakan seseorang. ‘Itu sama saja kayak bahan peledak, tapi kalu kembang api dibawah 2 inch masih diperbolehkan’ sambungnya.

Menurutnya adanya penjual petasan di pinggir jalan menjadi hal yang umum. Setyo mengatakan jika hal tersebut terjadi karena adanya teori ekonomi yakni supply and demand (penawaran dan permintaan). Selain tu dia juga menilai jika tak ada gunanya masyarakat membeli petasan karena disamping membahyakan diri sendiri juga membahayakan orang lain.

Baca juga : 3 Hari Saja, Densus 88 Tangkap 19 Terduga Teroris!

‘Kenapa orang-orang beli mercon, kan itu bahaya buat kita dan orang lain. Mari kita ubah pemikiran kita, menghadapi hari besar keagamaan (hari Natal) jangan main mercon’ ujar Setyo.

Setyo menimbau jika nantinya pihak kepolisian masih menemukan penjual petasan, maka akan dilakukan peniindakan. Pihak kepolisian akan melakuka penangkapan terhadap para penjual yang terbukti menjual petasan.

Selain peringatan tersebut, Setyo sendiri yakin jika petasan tidak ada peminatnya saat perayaan hari raya Natal 2017 nanti. ‘Jika masih ada penjual, maka akan kami musnahkan barangnya. Tapi sudah pasti nanti ada yang jual di pinggir jalan, kami akan musnahkan nati’ tutupnya.

Baca juga : Polda Metro Jaya Umumkan Tersangka Pabrik Petasan Meledak Siang Ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here