Awas, Kacang Tanpa Kulit Ternyata Bisa Sebabkan Kanker Lho!

0
1282
Kacang.
Copyright ©Thinkstock

Waspadai Bahwa Kacang Tanpa Kulit Merupakan Salah Satu Faktor Penyebab Kanker

Indowarta.com – Mungkin banyak orang yang sudah tidak asing lagi dengan pribahasa ‘bagai kacang lupa kulit’. Ya memang seharusnya kacang tidak meninggalkan kulitnya jika bukan karena adanya alasan yang jelas, seperti halnya saat dikonsumsi. Namun untuk segi ilmiah, seperti bukan tidak ada alasan kalau kacang tidak seharusnya melupakan kulitnya.

BACA JUGA : Tidur Dekat Smartphone Dapat Memicu Kanker Otak?

Dalam diskusi keamanan pangan, Food Safety: Don’t Let Good Food Go Bad bersama Nestle, yang diselenggarakan pada Rabu 20 Desember 2017, di Jakarta, Direktur SEAFAST Center, Prof. Dr. Nuri Andarwulan mengatakan kacang tanpa kulit juga beresiko penyebab kanker .

WAJIB BACA :  Awas. . Meski Telah Sembuh, Kanker Kelenjar Getah Bening Bisa Kambuh Lho!

Kacang yang dapat menyebabkan kanker ini adalah kacang tanpa kulit, karena dapat tercemar oleh beberapa racun yang bernama zat karsinogen, aflatoksin yang akan beresiko menyebabkan kanker hati jika dikonsumsi.

Zat ini akan menempel pada kacang yang sudah tidak dilidungi oleh kulit luarnya. Sehingga kandungan zat tersebut akan langsung menyemari kacang sejak mulai ditanam, dipanen, dijual, hingga dikonsumsi oleh seseorang.

Kacang
Copyright ©duakelinci

“Aflatoksin itu bahaya karena karakteristiknya yang larut dalam lemak. Senyawa yang larut dalam lemak, saat masuk usus halus tidak akan dieliminasi melalui urin. Dia akan masuk ke jalur deposit lemak seperti hati,” jelas Nuri.

BACA JUGA : Untuk Sembuh Total, Pasien Kanker Payudara Harus Dapat Dukungan Psikis!

Kanker kemudian akan muncul apabila racun yang terdapat pada kacang tanpa kulit ini sudah mulai menumpuk di hati. Dalam kurun beberapa waktu maka racun tersebut akan mempengaruhi fungsi dan kinerja hati.

WAJIB BACA :  Awas. . Meski Telah Sembuh, Kanker Kelenjar Getah Bening Bisa Kambuh Lho!

Oleh karena itu, kacang akan dinyatakan aman jika masih dalam perlindungan kulitnya. Namun untuk kacang tanpa kulit akan memiliki resiko seperti diatas. Sama halnya dengan jagung, akan terasa aman jika masih terlidungi oleh kelobotnya.

“Jagung kalau masih ada klobot, kacang kalau masih ada kulit enggak akan terkontaminasi,” paparnya.

Namun, kandungan dalam kacang yang dinyatakan aman akan memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan manusia. Salah satu manfaaat adalah dapat mengurangi resiko gagal jantung dan beberapa manfaat lainnya.

BACA JUGA : Gejala Kanker Kulit yang Tak Terlihat Sebelumnya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here