Tanda Tanda Malam Lailatul Qadar Yang Harus Kamu Ketahui !

1
6246
lailatul qadar

Tanda Tanda Malam Lailatul Qadar Yang Harus Kamu Ketahui !

Indowarta.com– Ramadhan kali ini sudah memasuki tahap akhir. Semakin berada di penghujung, bulan Ramadhan semakin menunjukkan semua keistimewaannya. Seperti yang telah diketahui, di malam ke 20 atau sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan ini akan ada malam yang namanya malam seribu bulan. Malam seribu bulan ini sering disebut dengan malam Lailatul Qadar.

Dipercayai bahwa malam ini merupakan malam yang penuh dengan berkah. Tentu saja hanya orang-orang yang sungguh-sungguh taat yang akan mendapatkan malam Lailatul Qadar ini.

Namun juga tidak ada yang bisa memastikan kapan tepatnya malam Lailatul Qadar ini akan tiba. Ini sudah menjadi rahasia bagi Allah SWT. Hanya saja dari berbagai riwayat, telah disebutkan beberapa tanda dari turunnya malam Lailatul Qadar ini. Berikur adalah tanda-tanda akan terjadinya malam Lailatul Qadar ini.

lailatul qadar

  1. Malam Lailatul Qadar berada di malam 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Rasulallah SAW tidak menyebutkannya secara detail mengenaik hal ini, kapankah Lailatul Qadar akan tiba. Namun, Beliau telah memberikan panduan bagi para umat Islam untuk mencari malam tersebut pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. Sabda Rasul, “Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan” (H.R Bukhari).

  1. Malam Lailatul Qadar hadir pada malam ganjil.

Berdasarkan sabda Rasulallah SAW, banyak yang meyakini bahwa malam Lailatul Qadar akan datang pada malam ganjil sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Misalnya pada malam 21, 23, 25, 27, 29 Ramadhan. Namun walau begitu masih belum bisa dipastikan datangnya malam Lailatul Qadar ini. Hal ini sudah menjadi Rahasia Allah SWT.

  1. Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang indah.

Rasulullah saw. bersabda, “(Malam) Lailatul Qadar adalah malam yang indah, cerah, tidak panas dan tidak juga dingin.”.

  1. Setelah malam Lailatul Qadar terjadi, matahari seperti tanpa sinar.

Abi bin Ka’ab, disebutkan bahwa Rasulullan SAW bersabda bahwa; “Subuh hari dari malam Lailatul Qadar matahari terbt tanpa sinar, seolah-lah mirip bejana hingga mata hari nai.” (HR. Muslim).

  1. Malaikat akan menurunkan ketenangan

Pada malam ini para malaikat akan memberikan ketenangan sehingga para umat manusia akan yang melaksanakan ibadah di waktu itu akan mendapatkan ketenangan, keteduhan dan juga kenikamatan.

  1. Terbawa di dalam mimpi.

Umat Islam bisa saja mendapatkan malam Lailatul Qadar melalui mimpi mereka. Hal ini pernah dialami oleh Rasulallah dan juga para sahabatnya.

baca juga :

Begini Keutamaan 10 Hari Terakhir Di Bulan Ramadhan yang Musti Kamu Ketahui !

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here