Ingat 2 Januari Bukan Cuti Bersama, ASN Yang Bolos Siap Kena Sanksi!

0
235
2 Januari
Copyright ©tribunnews

2 Januari Bukan Cuti Bersama, ASN Siap Diberi Sanksi Jika Bolos!

Indowarta.com – Libur panjang telah datang dan akan belangsung hingga awal tahun mendatang. Namun Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur menegaskan jika 2 Januari 2018 bukan merupakan hari cuti bersama.

Oleh sebab itu di mengatakan semua aparatur sipil negara (ASN) wajib masuk kerja pada tanggal tersebut. Asman menegaskan jika ASN yang sengaja tidak masuk kerja akan diberi sanksi.

‘Untuk yang nantinya nekat bolos atau tidak masuk kerja akan ada sanksi tersendiri’ ujarnya saat ditemui pada Rabu, 27 Desember 2017.

Baca juga :  Sudah Ditetapkan, Ini Daftar Libur Nasional dan Cuti Bersama di Tahun 2018!

Pernyataan sekaligus himbauan ini disampaikan langusng oleh Asman Abnur karena banyaknya pertanyaan yang diajukan kepadanya. Pertanyaan itu sendiri ialah apakah tangagl merupakan hari cuti bersama atau bukan.

2 Januari
Copyright ©wartakota

Dia menambahkan jika ketentuan cuti bersama sendiri telah diatur dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Nomor 707 Tahun 2017, Nomor 256 Tahun 2017, Nomoe 01/Skb/Menpan-Rb/09/2017. Selain Asman surat tersebut juga ditandatangani oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri pada taggal 22 September 2017 lalu.

Asman sendiri menuturkan jika hari cuti bersama telah ditetapkan dan tidak tercantumkan dalam SKB jika tanggal 2 Januari merupakan cuti bersama. ‘Hari Libur nasional dan cuti bersama tahun 2018 sebanyak 21 hari, itu terdiri dari 16 hari libur nasional dan 5 hari cuti bersama’ ujarnya.

Baca juga : Alasan Utama, Kenapa Jokowi Keluarkan Keppres Penambahan Cuti Bersama Lebaran!

Dengan demikian Asman memastikan untuk ASN yang tidak masuk kerja pada tanggal 2 Januari mendatang akan diberikan sanksi. Sanksi tersebut juga diatur dalam Undang-Undang 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017.

Menurut Asman dalam peraturan yang diberikan sudah jelas dirinci bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang melanggar akan diberikan sanksi. ‘Semua sudah terinci dan untuk PNS yang melanggar akan diberi sanksi. Semua terinci dan prosesnya juga sudah jelas’ Sambungnya.

Berikut ini rincian hari libur nasional dan cuti bersama :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here