Sudirman Said Bukanlah lawan Sebanding Ganjar Pranowo?

0
12910
Sudirman Said
Copyright ©merdeka

Pilkada Jateng 2018, Sudirman Said Bukan Lawan Seimbang Ganjar Pranowo?

Indowarta.com – Tiga partai yakni PAN, PKS dan Partai Gerindra menyatakan berkoalisi dan secara bersama-sama akan maju dalam Pemilihan Gubernur Jawa Tengah (Pilgub Jateng) 2018. Ketiga partai tersebut secara bersama akan mengusung Sudirman Said maju dalam Pilkada Jateng tahun depan

Sejumlah pihak pun berkomentar terkiat koalisi yang dilakukan oleh ketiga partai tersebut. Salah satu komenatra datang dari pengamat politik Pangi Chaniago yang mengatakan jika koalisi tersebut harus bekerja keras untuk bisabersaing dengan Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan.

Pangi mengatakan koalisi ketiga partai yang mengusung Sudirman Said akan cukup sulit melawan PDIP dalam Pilkada Jateng 2018 mendatanag. Hal itu karena Ganjar Pranowo yang diusung oleh PDIP telah mempunyai angka elektabilitas diangka yang aman dan telah mencapai puncaknya.

Baca juga : Golkar dan Demokrat Resmi Koalisi di Pilkada Jabar, Duet DM Akan Berpotensi Kuat?

‘Sepertinya kolaisi harus bekerja lebih keras, PDIP renacannya akan mengusung Ganjar Pranowo yang elektabilitas serta poppularitasnya sudah mencapai klimaks atau sudah diangka aman’ ujarnya saat ditemui pada rabu, 27 Desember 2017.

Sudirman Said
Copyright ©lintas parelemn

Menurut Pangi, Ganjar Pranowo sendiri merupakan sosok inclumbent atau orang yang saat ini tengah menjabat sebagai kepala daerah dan itu menjadi dukungan tersendiri. Jika dilihat dari pendekatan terminologi poitik terdapat sistem yang lebih memberika keuntungan terhadap pejabat yang sedang menjabat atau memerintah.

Dengan demikian Pangi mengatakan jika sosok Ganjar mempunyai posisi yang sangat diuntungkan klai ini. ‘Tentunya figur yang disokong oleh partai yang merata basinya akan menadi lawan berat bagi partai lain. Itu jga berlaku untuk koalisi tiga partai yang akan mengusung Sudirman Said‘ ujarnya.

Dia menambhakan siapapun Sudirman Said dianggap belum bisa menjadi lawan sebanding dengan Ganjar. Namun jika dikatakan sebagai sosok penyeimbang, Pangi mengatakan hal tersebut perlu dipertimbangkan dan dilihat kembali kedepannya.

Baca juga : Siapa Pengganti Posisi Setya Novanto Sebagai Ketua DPR?

Pangi menuturkan jika peluang Sudirman tergantung dari pasangan wakilnya yang memiliki segmen pemilih yang berbeda darinya. Pendapat lain juga dikatakan oleh Direktur Ekslusif Voxpol Center Reseach.

Dikatakan jika dengan bergantung dengan mesin partai atau kekuatan sosok seorang figur, itu tak akan cukup. Menurutnya keduanya harus saling mendukung dan melengkapi satu sama lain.

Baca juga : Deretan kandidat Partai Golkar Dalam Pilgub Jateng, Ada Nama Mantan Presiden RI Juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here