Berlaku Car Free Night di Jalur Puncak Saat Malam Tahun Baru!

0
104
Jalur Puncak
Copyright ©uzone

Malam Tahun Baru Akan Diberlakukan Car Free Night di Jalur Puncak!

Indowarta.com – Pada malam pergantian tahun baru 2018 akan diberlakukan Car Free Night. Pemberlakuan ini akan diadakan di Jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat pada Minggu malam, 31 Desember 2017.

Baik kendaraan roda empat maupun roda dua dilarang melintas di kedua arah pada malam tahun baru mulai pukul 18.00 WIB hingga 06.00 WIB Senin, 1 Januari 2018. Mengenai hal ini juga diungkapkan langusung oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Kapolri Tito Karnavian memberikan intruksi untuk diberlakukan malam bebas kendaraan di Jalur Puncak, Bogor. Orang nomor satu di jajaran kepolisian tersebut meminta jajaran korps Lalu Lintas untuk menutup jalan Puncak.

Tito menghimbau agar masyarakat melintas atau ke Puncak Bogor pada jam-jam sebelum jalur ditutup. ‘Kami mengharapkan masyarakat melintas sebelum jam diberlakukan Car Free Night’ ujarnya saat ditemui pada Jumat, 29 Desember 2017.

Jalur Puncak
Copyright ©otomotifkompas

Dia menambahakan masyarakat pada waktu malam pergantian tahun baru diwajibkan untuk berjalan kaki. Mereka yang ada dipuncak harus berjalan kaki selama program penutupan jalur tersebut dilangsungkan.

Sebagai gantinya, telah disiapkan alat transportasi berupa bus untuk mobilitas dari suatu tempat ke tempat lainnya. Tito mengatakan jika kendaraan itu disediakan untuk angkutan naik ke puncak.

‘Yang lain jalan kali nanti jangan sampai rekan-rekan terjebak. Nanti hanya akan ada kendaraan shuttel yang disiapkan, kendaraan ini untuk naik ke atas’ ujar Tito.

Kapolri Tito menambahakan jika masyarakat yang menuju Cianjur atupun sebaliknya masih tetap bisa melintas. Namun meskipun diperbolehkan melintas, mereka hanya diperbolehkan melewati jalur alteratif.

Jalur alternatif tersebut seperti menggunakan jalan dari Cibubur-Cileungsi-Jenggol-Cariu-Cianjur. Diperkirakan kepadatan lalu lintas akan terjadi karena banyak warga yang menuju Jalur Puncak. Tito juga menghimbau untuk pengunjung agar tak memaksakan naik ataupun turun jika jalur sudah ditutup. Hal tersebut tentunya akan menambah kemancetan dan juga akan mengganggu program Car free Night.

Jika melalui jalur alternatif sendiri menurut Tito memag lebih jauh. ‘Denagan melewati jalur alternatif, jarak yang harus ditempuh kurang lebih sekitra 86 KM. Maka untuk pengunjung jangan memaksakan untuk naik ataupun turun di Jalur Puncak jika sudah memasuki pukul 18.00 WIB’ tutup Tito.

Baca juga : Awas, Wilayah Indonesia Ini Bakalan Dilanda Cuaca Ekstrem Menjelang Natal dan Tahun Baru!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here