Tak Semua PNS Dapatkan Kenaikan Tunjangan, Kenapa?

0
7625
PNS
Copyright ©liputan6

Kenaikan Tunjangan Tak Didapat Semua PNS, Ini Alasannya!

Indowarta.com – Pada akhir tahun dan awal tahun kenaiakan tunjangan kinerja (tukin) akan diberikan kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS). Namun Tukin tersebut ternyata tak diberikan kepada PNS di semua instansi.

Kenaikan tunjangan tersebutakan diberikan kedapa instansi pemerintah yang berhasil melakukan reformasi birokrasi. Mengenai hal ini juga diungkapkan oleh Direktur Jenderal Anggaran Kementeria Keuangan (Kemenkeu) Askolani.

Dia menerangan ketentuan diberiaknnya tukin ini sudah dimulai sejak tahun 2007. Tukin akan diberikan kepada PNS sejalan dengan reformasi birokrasi yang telah dicanangkan oleh pemerintah. Askolani mengatakan jika perbaikan tentu akan dievalausi setiap tahunnya.

Baca juga : Mengintip Bocoran Seleksi CPNS 2018 dari Kemenpan RB!

‘Itu sudah dijalankan sejak tahun 2007 lalu dan sejalan dengan program reformasi dan birokrasi yang diteapkan oleh pemerintah. Setiap tahunnya kita lakukan evalusi guna peningkatan program reformasi birokrasi kementeruan lembaga (KL). Hal itu memang kita lakukan secara bertahap’ ujarnya saat ditemui di Jakarta pada Minggu, 31 Desember 2017.

PNS
Copyright ©liputan6

Askolani menambahkan jika perbaikan reformasi dan birokrasi akan terus dilakukan oleh pemerintah. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birorasi (PAN-RB) akan melakukan penilaian mengenai perbaikan reformasi birokrasi yang dilakukan pemerintah tersebut.

Menurutnya saat ini atau lebih tepatnya dalam waktu menengah ke depan, evaluasi dan perbaikan reformasi birokrasi akan dilakuan oleh seluruh KL. Hal itu dilakukan guna meningkatkan 100 persen yang akan dicapai oleh pemerintah berdasarkan assesment Menteri PAN-RB setaip tahun di semua KL. Hal tersebut bisa dilakukan dengan perbaikan untuk pelayanan publik.

Dengan demikian, Askolani menerangkan jika kenaikan tunjangan kinerja tidak akan diberikan oleh semua instansi, namun akan diberikan kepada instansi yang melakukan perbaikan. ‘Progres peraikan reformasi birokrasinya juga harus melalui penilaian Menteri PAN-RB untuk ditentukan kelayakannya. Namun biasanya dalam setahun akan ada improvement dari sejumlah KL untuk melakukan perbaikan’ ujarnya.

Baca juga : Kementrian Luar Negeri Umumkan Hasil Seleksi CPNS, Cek Selengkapnya Di Sini!

Sementara itu terkait kenaikan tunjangan kerja ini sebelumnya juga dibahas oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani. Dia menyatakan akan menaikan tukin para PNS dan level staf hingga pucuk pimpina KL pada 2018. Bukan hanya itu saja, kabarnya ada menteri yang mendapat tukin sebesar 150 persen dan itu merupakan tukin tertinggi kementerian.

Meurutnya penyesuai tukin berdasarkan reformasi birokrasi ini karena menteri dan pimpinan lembaga memiliki tanggung jawab besar. Oleh karena itu menurutnya para pimpinan KL ini perlu mendapatkan apresiasi besar terkait tukin. Menurutnya penyesuaian tukin ini bukan pertama kali dilakukan dan kenaikan tukin kali ini sebagai bentuk penyegaran tukin antar KL.

Baca juga : Anies Baswedan dan Sandiaga Uno Siapkan Sanksi Untuk PNS yang Bolos Besok 2 Januari!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here