PDIP Punya Cukup Alasan Untuk Usung Ridwan Kamil di Pilkada Jabar!

0
307
Ridwan Kamil
Copyright ©kompas

Peluang Besar Ridwan Kamil Mendapatkan Dukungan dari PDIP

Indowarta.com – Beberapa partai politik sudah menentukan sikap mereka jelang pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur di Pilgub Jawa Tengah 2018. Namun salah satu partai yang masih ditunggu-tunggu terkait keputusannya dalam menentukan pasangan calon yang akan diusung adalah PDIP.

BACA JUGA : Azwar Anas Mundur, Gus Ipul Akan Didampingi Risma di Pilgub Jatim!

Belum lama ini, salah satu kadidat kuat dalam Pilgub Jabar 2018, yaitu Ridwan Kamil terlihat mendatangi kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP. Hal itu dilakukannya untuk menjalin komunikasi politik dalam pencalonannya.

Menurut Guru Besar Ilmu Komunikasi Politik Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung Karim Suryadi, bentuk tidakan itu merupakan sebuah pertanda yang cukup kuat kalau Wali Kota Bandung itu akan diusung oleh PDIP.

“Saya tidak melihat ada masalah serius yang menyebabkan PDI-P tidak mengusung Ridwan Kamil,” ujar Karim, Kamis (4/1/18).

Dia menjelaskan, salah satu hal terpenting untuk membuat PDIP harus memberikan dukungan kepada Ridwan Kamil agar dapat memenangkan Pilkada Jabar 2018 ini adalah elektabiltas tinggi yang sudah dipunyainya. Disamping itu, pria yang akrab disapa Emil itu perlu untuk mencairkan komunikasi yang masih terlihat cukup kaku dengan Megawati Soekarnoputri.

Ridwan Kamil
Copyright©tstatic

“Hanya butuh komunikasi dari hati ke hati antara Ridwan Kamil dengan Megawati untuk menembus sumbatan komunikasi yang ada. Elektabilitas Ridwan Kamil lebih menggoda ketimbang sumbatan komunikasi yang ada. Apalagi, komunikasi Ridwan Kamil dan Jokowi pun cukup bagus,” ujarnya.

BACA JUGA : Koalisi PDIP dan Nasdem Berpeluang Terjadi Dalam Pilkada Jateng! Key: PDIP

Sedangkan untuk PDIP yang ingin menang di Jawa Barat dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 nanti, telah diaggap cukup ideal jika memberikan dukungan kepada Ridwan Kamil. “Melihat berbagai survei, akan sulit bagi PDIP melupakan Ridwan Kamil. Kemenangan PDIP di Jabar aset penting bagi 2019,” tuturnya.

Untuk alasan lainnya yang mengharuskan PDIP mengusung Ridwan Kamil adalah adanya bentuk kendala psikologis yang cukup besar kepada calon lainnya, seperti halnya Dedi Mulyadi dan Deddy Mizwar.

“Kecuali, jika PDIP mengusung calon sendiri. Tapi, ikhtiar ini sebatas menghidup-hidupkan demokrasi saja. Sebab, poros kekuatan kandidat sudah terpetakan ke dalam pasangan calon yang sudah ada. Agak sulit bagi PDIP untuk memunculkan calon lain di luar nama-nama yang sudah beredar selama ini,” tutupnya.

BACA JUGA : Gerindra Masih Kaji Calon Pendamping Prabowo di Pilpres 2019!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here