Sudah 25 Tahun Bunga Raflesia Arnoldii Jadi Bunga Nasional Indonesia!

    0
    10718
    Raflesia Arnoldii
    Copyright ©harianmu

    Raflesia Arnoldii Ditetapkan Menjadi Bunga Nasional Sejak 25 Tahun Lalu

    Indowarta.com – Mungkin jika komputer atau smartphone yang anda gunakan untuk menjelah internet hari ini dapat mengeluarkan bau, mungkin anda akan langsung menutup hidup karena telah menciup bau yang tak sedap.

    BACA JUGA : Ini Dia, Tanaman Obat Asam Urat yang Ampuh dan Alami!

    Pasalnya asap hijau pekat yang telah meledak pada gambar yang ditampilkan Google Doodle hari ini akan mengeluarkan bau busuk, yaitu dari bunga Raflesia Arnoldii, bunga terbesar di dunia yang berasal asli dari Indonesia.

    Untuk hari ini, 9 Januari 2018 merupakan hari ulang tahun yang ke-25 untuk penetapan Raflesia Arnoldii atau bunga bangkai sebagai bunga Nasional Indonesia, serta dikukuhkan penyebutnya menjadi Padma Raksasa yang merupakan puspa langka.

    Google
    Copyright ©Google

    Adanya penetapan ini sudah tertera pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1993 Tentang Satwa dan Bunga Nasional. Pada Keputasan Presiden ini juga menetapkan Jasminum sabac atau melati menjadi puspa bangsa dan Palaonopsis amabilis atau anggrek bulan sebagai puspa pesona.

    BACA JUGA : Manfaat Tanaman Tillandsia, Mampu Obati Kanker Sampai HIV/AIDS!

    Sampai sekarang ini, batik tradisional yang berasal dari Bengkulu sering menggambarkan Raflesia Arnoldii. Bengkulu sendiri merupakan wilayah bunga raksasa ini kerap tubuh disana. Disamping itu peyebutan bunga bangkai pada tanaman ini bukan tidak ada alasan.

    Penyebutan itu diberikan karena Raflesia Arnoldii telah mengeluarkan aroma seperti daging busuk. Bau yang telah ditebarkannya ini akan mengundang lalat datang sehingga membantu penyerbukan tanaman tersebut.

    Tetrastigma akan akan memperlihatkan kelompak bungaya yang terlihat merah montok serta adanya bentuk bintik-bintik putih yang menghiasinya, inangnya seperti tanaman mirip pohon anggur, pada saat akan melakukan produksi.

    Pada saat Raflesia Arnoldii merekah merupakan sebuah peristiwa langka, oleh karena itu jika ada orang yang telah menemukannya maka akan menjadi sorotan tersendiri. Pada tempat terbuka, bunga ini dapat tumbuh hingga mencapai diameter 1 meter dan setelah itu merekah hanya dalam hitungan hari.

    Pada hari ini, tampilan Doodle yang ada di mensin pencarian terbesar dunia itu tidak hanya ditampilkan di Indonesia, namun juga ditampilkan di Yunani. Entah apa yang menjadi alasan Google untuk menampilkannya di Yunani.

    BACA JUGA : Sosok Marlene Dietrich yang Muncul di Google Doodle Hari Ini!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here