Berita Terkini : 3 Jalur Mudik legendaris Yang kini Sudah Dilupakan Oleh Penggunanya !

0
1545
325002_suasana-simpang-jomin-lancar--senin-13-juli-2015-_663_382

Tiga Jalur Mudik Legendaris yang Kini Mulai Pudar di Mata Pemudik

Indowarta.com –  Bukan hanya penyanyi ataipun atlet saja yang mempunyai gelar legendaris, jalur mudik pun juga ada yang di sebut denga jalur mudik legendaris, jalur mudik legendaris itu adalah Simpang Jomin, Simpang Tiga Celeng, dan Pintu Tol Pejagan.

Ketiga jalur tersebut adalah jalur mudik legendaris bagi para pemudik lebaran, tapi kini setelah di bangunnya Tol Cipali, jalur tersebut mulai di lupakan dan ditinggalkan oleh pemudik terutama yang menggunakan kendaraan beroda empat.

Para pemudik lebih memilih jalur Tol Cipali, dikarenakan jalur tersebut lebih cepat dan lebih efisien.

Selama berpuluh-puluh tahun, jalan nasional yang “menyempit” di Jomin, Cikampek, Jawa Barat, begitu menyengsarakan tetapi tetap harus dilintasi.

Namun dengan adanya pembangunan yang lebih modern, Jomin mulai pudar di mata pemudik lebaran. Sebenarnya masih ada pemudik yang lewat situ tapi hanya pemudik yang naik sepeda motor, meskipun begitu sensasinya jelas akan berbeda seperti ketika kendaraan beroa empat masih melintasi Jomin.

 

Kemacetan yang terjadi di Jomin pasti tidak separah ketika ruas jalan tersebut di lalui oleh sepeda motor, mobil pribadi, bus hingga truk trailer.

Pada saat musim mudik lebaran, selama puluhan tahun Jomin menjadi momok menakutkan dan juga menjadi mimpi buruk bagi para pemudik.

Ketika jalan tol hanya berakhir di Cikopo, perjalanan antara Cikopo dan Simpang Jomin harus di tempuh selama berjam-jam. Jalan yang sempit, jelas tak mampu menampung volume kendaraan yang begitu banyak.

Yang jadi pertanyaan, kenapa dari dulu pemerintah tidak melebarkan ruas jalan di Jomin?. Padahal dari sisi pendanaan sebenarnya Jomin bisa saja di lebarkan.

Simpang jomin menjadi persimpangan yang sangat ruwet bagi pemudik, pasalnya di situ ada pertemuan arus kendaraan yang melintasi jalan pantura lama dari karawang dan kendaraan yang keluar dari Gerbang Tol Cikopo.

Ketika kemacetan begitu parah, biasanya polisi mengalihkan kendaraan pemudik di Kilometer 66 Tol Cikampek ke arah Subang ataupun Bandung.

Bagi para jurnalis, dulu ketika memnatau Jomin menjadi keseruan tersendiri. Menara pos polisi Cikopo, mislnya, jleas menara tersebut tidak akan terlupakan.

Pada tahun-tahun yang lalu, teknologi drone belum murah dan mewabah. Tak heran jika para jurnalis harus sering naik ke menara pos itu untuk mengabadikan kepadatan kendaraan yang keluar dari Gerbang Tol Cikopo.

Tapi karena kemacetan yang sangat parah di Jomin, menjadi berkah tersendiri bagi tempat penginapan di sekitar Cikopo-Cikampek, seperti Hotel Araruna dan Hotel Kota Bukit Indah Plaza, dulu penginapan tersebut di sesaki oleh para jurnalis pada arus mudik dan balik.

Tak hayal memang pada waktu itu seluruh media masa memang berkepentingan melaporkan kondisi akhir arus mudik lebaran pada kala itu

Baca Juga : 15.265 Orang Ikut Mudik Gratis Yang Diadakan Oleh Kemenhub !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here