Berita Hari Ini : Kemenag Akan tentukan 1 Syawal Pada Sidang Itsbat 4 Juli Besok !

    0
    1137
    sidang itsbat

    Berita Hari Ini : Kemenag Akan tentukan 1 Syawal Pada Sidang Itsbat 4 Juli Besok !

    Indowarta.com– Kementerian Agama baru akan menggelar sidang Itsbat untuk menentukan 1 syawal 1437 H Idul Fitri pada tanggal 4 Juli Nanti. Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama yakni Muhammad Thambrin menyebutkan bahwa sidang Itsbat akan dilakukan di Kantor Kementerian Agama. Sidang tersebut akan menentukan kapan Ramadhan berakhir berdasarkan hisab dan rukyat yang akan dilakukan.

    Sidang itsbat ini merupakan wujud dari kebersamaan Kementerian Agama yang mewakili pemerintah dengan ormas Islam yang ada beserta dengan instansi yang terkait. Hasil dari sidang itsbat tersebut diharapkan bisa dilaksanakan dengan bersama.

    Thambrin mengatakan bahwa sidang Itsbat tersebut akan dimulai pada pukul 17.00 WIB. Di dalam sidan tersebut akan diawali dengan pemaparan dari Tim Hisab dan Rukyat terkait dengan posisi menjelang Syawal 1437 H. Hasil dari Rukyat hilal dan data Hisab terkait dengan posisi hilal awal Syawal 1437 H akan dimusyawarahkan bersama di dalam sidang itsbat tersebut. kemudian keputusan akan diambil oleh pemerintah.

    sidang itsbat

    Sidang akan digelar dengan tertutup seperti sidang Itsbat yang dilakukan untuk menentukan awal Ramadhan kemarin. Tentu saja hasilnya akan disampaikan secara terbuka usai sidang selesai digelar.

    Di dalam sidang tersebut akan dihadiri oleh Kementerian duta besar negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia, Badan Meteorologi, Klimatologi dan juga Geofisika. Selain itu ada juga Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Badan Informasi Geopasial dan masih ada yang lainnya.

    Kementerian Agama akan menurunkan sejumlah tim pemantau atau hilal Syawal 1437 H. tim tersebut akan diturunkan di seluruh provinsi di Indonesia. Tim tersebut berasal dari petugas Kantor Wilayah Kementerian Agama dan berkerjasama dengan Pengadilan Agama serta dengan ormas Islam yang lainnya.

    Sementara itu Kementerian Agama menyebutkan bahwa sidang ini hanya sebagai formallitas saja karena jatuhya satu Syawal sudah bisa dilihat sejak jauh hari sebelumnya. Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin mengatakan bahwa posisi hilal masih berada di bawah ufuk. Persisnya hilal kini berada di posisi minus satu derajat.

    baca juga :

    Berita Terkini : 15.265 Orang Ikut Mudik Gratis Yang Diadakan Oleh Kemenhub !

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here