Mantan Pengacara Setya Novanto, Fredrich Yunadi Dicekal KPK Gagal Ke Luar Negeri!

0
232
Fredrich Yunadi
Copyright©Tempo

KPK Cegah Fredrich Yunadi Untuk Ke Luar Negeri

Indowarta.com – Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) telah mencekal pengacara Fredrich Yunadi, hal ini karena adanya dugaan merintangi penyidikan yang tengah dilakuakn penyidik kepada tersangka Setya Novanto. Terkait dengan itu, Fredrich Yunadi mengatakan kalau sekarang ini dirinya tengah dibidik oleh KPK terkait dengan kasus dugaan korupsi e-KTP itu.

BACA JUGA : Fredrich Yunadi Sebut Suka Kemewahan, Sekali Ke Luar Negeri Habiskan

“Saya sebagai advokat kini dibidik KPK,” ujarnya Fredrich, Selasa (9/1/18) malam.

Meski begitu, dia enggan memberikan penjelasan lebih rinci mengenai hal tersebut. Fredrich Yunadi menyerahkan semuanya kepada pengacaranya. “Silakan hubungi Ketua Tim Pembela Advokat DPN Peradi,” kata dia.

Disamping itu, Paradi sendiri telah menunjuk Saproyanto Refa untuk menjadi tim hukum Fredrich Yunadi. Refa menceritakan pada saat mantan pengacara Setya Novanto itu telah ditolak oleh pihak imgrasi pada saat akan melakukan perjalanan ke luar negeri atas permintaan KPK.

Refa mengatakan, sebelumnya pihak imigrasi menyatakan kalau Fredrich Yunadi tidak masuk dalam daftar orang yang dicekal. Oleh karena itu, pada 18 Desember 2017 lalu dia akan merencanakan berpergian ke luar negeri.

Fredrich Yunadi.
Copyright©berita168

Setelah sampai di imigrasi bandara, paspor yang dimiliki Fredrich Yunadi sudah memilii stempel dan telah berada diruang pemberangkatan. Namun, sebelum sampai naik pesawat dia panggil dan beritahukan oleh petugas kalau namanya masuk dalam daftar orang yang dicekal.

BACA JUGA : Setya Novanto Siap Terima Apapun Tentang Putusan Sela!

“Kaget dia (Fredrich) karena datang ke imigrasi dan katanya tidak ada pencekalan. Kedua, kok paspor Fredrich distempel,” kata Refa.

Oleh karena itu, Refa menilai ada kejanggalan yang telah terjadi pada pihak imigrasi di lapangan. Karena nama undang-undang mengatur bahwa pihak imigrasi terlebih dahulu harus memasukkan nama Fredrich Yunadi dalam daftar orang yang dicekal setelah tiga hari usai mendapatkan surat dari KPK.

Kemudian tujuh hari setelah itu, Fredrich Yunadi harus diberitahukan oleh pihak imigrasi terkait dengan adanya pencekalan. Hal itu juga harus disertai dengan alasan yang jelas mengenai adanya bentuk pencekalan yang dilakukan.

“Ada kewajiban imigrasi memberitahu tapi ini tidak. Jadi, kita lihat ada kesalahan pelaksanaan di lapangan,” tutur Refa.

BACA JUGA : Sempat Check Up Jantung dan Gula di RSPAD, Begini Kondisi Setya Novanto Sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here