Berita Terkini : Reklamasi Pulau G Dihentikan Oleh Pemerintah dengan Alasan Berikut ini !

0
907
reklamasi pulau g

Berita Terkini : Reklamasi Pulau G Dihentikan Oleh Pemerintah dengan Alasan Berikut ini !

Indowarta.com– Pemerintah akhirnya telah memberhentikan proyek reklamasi Pulau G yang terletak di pantai utara Jakarta. Hal tersebut merupakan hasil dari keputusan dalam rapat gabungan yang dipimpin oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya. Rapat tersebut juga dihadiri oleh Kementerian Perhubungan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Pemprov DKI Jakarta.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya yakni Rizal Ramli menyebutkan bahwa keputusan tersebut diambil setelah diadakannya evaluasi. Hasil dari evaluasi tersebut adalah protek reklamasi pulau G ini termasuk dalam pelanggaran berat. Telah diputuskan bahwa reklamasi pulau G kini telah dibatalkan dan juga sampai seterusnya.

Penetapan mengenai pelanggaran berat ini karena proyek reklamasi pulau G ini dinilai telah membahayakan lingkungan hidup sekitar, mengganggu proyek vital strategis dan juga mengganggu lalu lintas pelabuhan. Selain itu juga ada banyak kabel listrik di bawahnya.reklamasi pulau g

Rizal menyebutkan bahwa reklamasi ini juga mengganggu jalur lalu lintas kapal para nelayan yang berada di sekitar Muara Angke. Mau tidak mau kapal nelayan tersebut harus berputar balik agar bisa mnedaratkan hasil tanggkapannya.

Reklammasi pulau G ini dinilai mengganggu lalu lintas kapal para nelayan. Sebelumnya nelayan bisa mendaratkan kapalnya di Muara Angke. Namun semenjak ada pembangunan pulau ini telah menutup akses. Hal ini membuat para nelayan harus berputar balik dan tentunya hal ini juga akan menghabiskan lebih banyak solar. Ditambah lagi proses pembangunan secara teknis ini juga sangat semabarangan sehingga akan mengganggu biota laut.

Pada sebelumnya tanggal 31 Mei 2016 yang lalu, Majelis Hakin Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta Timur telah mengabulkan akan gugatan yang diajukan oleh Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) mengenai proyek reklamasi pulau G di Teluk Jakarta tersebut.

Di dalam putusan tersebut, Majelis Hakim telah menegaskan bahwa proyek pembangunan reklamasi di Pulau G ini ditunda untuk sementara waktu hingga keputusan hukum telah berkekuatan tetap.

baca juga :

Berita Terkini : Presiden Jokowi Tunjukkan Sinyal Tegas Untuk Tiongkok Saat Kunjungi Natuna !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here