Harga Beras Naik Terus, Apa Penyebabnya?

0
327
Copyright©Ist

Harga Beras Naik Terus, Pemerintah Pilih Impor 500 ribu Ton di Januari!

Indowarta.comIbu rumah tangga menjerit lantaran harga kebutuhan pokok mulai merangkak naik. Harga beras dipasaran juga menunjukkan kenaikan sejak awal tahun 2018 ini, sampai membuat pemerintah memilih opsi impor.

Jika dilihat lebih jauh, kenaikan harga pangan utama masyarakat itu sudah terjadi sejak Desember tahun lalu. Akan tetapi kenaikan yang terjadi tak separah dibulan Januari ini yang berkisar antara Rp 11.000 hingga Rp 12.000 per kg.

Kenaikan harga itu rupanya membuat para pedagang kecil dan warung makan harus putar otak untuk menutup modal. Mereka juga harus berpikir agar para pembeli tak lari karena harga makanan yang dinaikkan.

Harga beras yang mengalami kenaikan dipasar itu rupanya terjadi karena tidak stabilnya pasokan. Apalagi permintaan pasar juga semakin meningkat ketika tahun baru lalu, alhasil kenaikan harga tak bisa dibendung.

PNS
Ist

Komisi Pengawas Persaingan Usaha atau KPPU memberi penjelasan mengenai ketidakstabilan pasokan beras untuk masyarakat. Hal utama adalah mengenai data produksi dan konsumsi yang telah dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistis dan Kementerian Pertanian.

“Rendahnya kredibilitas data produksi beras yang dipublikasikan oleh BPS dan Mentan,” jekas Ketua KPPU Syarkawi Rauf dilansir dari Liputan6.com. Tidak hanya itu, namun ada penyebab lainnya seperti data yang kurang akurat.

Ombudsman Republik Indonesia meminta agar Kementerian Pertanian tak mempublikasikan informasi stok beras yang tidak akurat kepada masyarakat. Hal tersebut juga dinilai bisa membuat gejolak harga beras dipasaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here