Pemeriksaan Dahnil Azhar, Polisi Enggan Ungkap Kasus Novel Baswedan?

0
301
Dahnil Anzar
Copyright ©suratkabar

Polda Metro Jaya Melakukan Pemeriksaan Kepada Dahnil Anzar

Indowarta.com – Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Muhammadiyah Dahnil Azhar Simanjuntak mengaku, kalau pesimistis polisi mau untuk mengungkap siapa pelaku teror penyerangan kepada penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan.

BACA JUGA : Polisi Bakal Periksa Ketua PP Muhammadiyah Soal Penyerangan Novel Baswedan!

Menurutnya, dalam kasus ini polisi yang melakukan penanganan tidak serius untuk menemukan siapa pelakunya. Dengan alasan tersebut, Dahnil Azhar dengan tegas menyerukan supaya Presiden Joko Widodo atau Jokowi membentuk tim gabungan pencari fakta (TGPF) mengenai kasus ini.

Polda Metro Jaya telah melakukan pemeriksaan kepada Dahnil Azhar, Senin (22/1/18). Pemeriksaan ini dilakukan terkait dengan kasus teror kepada Novel Baswedan. Dia telah dimintai keterangan selama menjalani pemeriksaan sekitar sembilan jam.

WAJIB BACA :  Kenapa Polisi Belum Tangkap Pelaku Penyerang Novel Baswedan?

“Pemeriksaan ini jadi menambah pesimisme saya terhadap penuntasan kasus ini,” kata Dahnil Anzar setelah menjalani pemeriksaan di Mapolda Metro Jaya.

Dia mengatakan, kalau ungkapan pesimistisnya adalah bentuk kritikan yang dia berikan kepada Korps Bahayangkara tersebut. Oleh karena itu, dirinya mengharapkan supaya pihak kepolisian tidak anti-kritik.

“Saya berharap polisi terbuka dengan kritik terkait dengan kasus ini. Saya akan terus mengkritik sampai penyelesaian kasus ini,” ucap dia.

Novel Baswedan
Copyright ©idrus

Disamping itu, Dahnil Anzar mengaku sudah tidak meragukan kemampuan Polri untuk mengungkap sebuah kasus pidana. Akan tetapi, ada sejumlah faktor non-teknis yang telah dianggapnya menghambat polisi untuk mengungkap kasus tersebut.

BACA JUGA : Polisi Masih Dalami Motif Lain Pembunuhan Arsitek di Depok!

“Saya yakin polisi punya kapasitas menuntaskan kasus ini secara teknis. Tetapi polisi bisa punya keterbatasan apabila bertemu dengan hal-hal yang non-teknis, non-teknis itu bisa politik, non-teknis itu bisa yang lain dan itu saya sampaikan di acara media televisi,” paparnya.

WAJIB BACA :  Hanya Satu Mata, Novel Baswedan Tak Akan Menyerah Perangi Korupsi!

Tak hanya itu, dia menduga ada ‘orang besar’ yang menjadi pihak dibalik penyerangan  Novel Baswedan tersebut. Dahnil Anzar menilai, jika memang tidak ada halangan tersebut, maka polisi akan dengan cepat mengungkap siapa pelaku dibalik kasus ini.

“Aktornya pasti punya pengaruh besar yang membuat kendala penanganan kasus ini,” ungkap dia.

Meski begitu, Dahnil Anzar enggan mengungkapkan siapa sosok aktor intelektualis yang berada dibalik penyerangan Novel Baswedan itu. Menurutnya jika TGPF diterjunkan maka kasus ini akan lebih mudah diungkap.

BACA JUGA : Novel Baswedan Sudah Nyaris Pesimis Kasusnya Akan Terungkap!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here