Begini Kondisi 5 Daerah Korban Gempa Semalam!

0
478
Gempa
Copyright ©liputan6

Ada Ratusan Rumah Roboh Karena Gempa

Indowarta.com – Pada Selasa, 23 Januari 2018 kemarin, terjadi sebuah gempa dengan guncangan cukup kuat. Akibat dari kejadian tersebut, sedikitnya sudah merusak rumah penduduk yang berada di 5 daerah, yaitu Banten, Lebak, Bogor, Pandeglang, Sukabumi, Cianjur, Provisi Jawa Barat.

BACA JUGA : Geger Apartemen Margonda Miring Pasca Gempa, Pengelola Membantah!

“Informasi yang kami terima ada rumah ambruk dan beberapa bangunan rusak di Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok,” ujar Ketua Forum Koordinasi SAR Daerah Kabupaten Sukabumi Okih Fajri.

Kerusakan pada rumah warga tersebut terjadi tak lama setelah gempa dengan kekuatan mencapai 6,1 SR telah mengguncang pukul 13.34 WIB. Bahkan banyak warga dikawasan terdampak langsung mencoba untuk menyelamatkan diri dengan keluar dari rumah atau gedung.

Humas PMI Kabupaten Sukabumi Atep Maulana mengungkapkan, kerusakan rumah yang disebabkan oleh gempa terjadi di Kecamatan Surade, Kadudampit, Ciemas, dam Sagarante. Kebanyakan rumah telah mengalami kerusakan pada bagian atap.

“Berapa jumlah pastinya masih diverifikasi. Rumah rusak kebanyakan bagian dinding dan atap. Kami belum mendapatkan informasi jatuhnya korban jiwa,” ungkap Atep.

Rumah Rusak Akibat Gempa Banten
Copyright ©dok. Tagana

Ternyata tidak hanya rumah yang mengalami kerusakan akibat dari gempa tersebut, namun menurut Koordinator Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Yana Rusyanada, bahwa bangunan balai kesehatan dan sekolah mengalami kerusakan.

BACA JUGA : Sebentar Lagi Gerhana Bulan Total, Anies Baswedan Buat Surat Edaran

Diantaranya adalah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), antaranya Klinik Babita di Kecamatan Cicurug, yang terletak di Kampung Kuta Kidul, Desa Kutasirna, Kecamatan Cisaat. Sedangkan dari bogor sendiri melaporkan ada puluhan rumah dan sekolah di 9 kecamatan yang mengalami kerusakan.

“Jumlah persisnya masih didata,” ucap Sekretaris BPBD Kabupaten Bogor, Budi Pranowo.

Berdasarkan pada data sementera, akibat gempa tersebut telah menyebabkan 45 rumah rusak di Desa Bantar Karet, Kecamatan Nanggung, 12 rumah rusak di  Desa Malasari, kerusakan juga terjadi pada 5 unit rumah di Sedangkan kerusakan  di Desa Cibunian Kecamatan, Pamijahan. Sedangkan di Kecamatan Caringin ada puluhan bangunan yang mengalami kerusakan.

“Bangunan SD juga rusak parah,” pungkasnya.

BACA JUGA :  BMKG Sebutkan Gempa Banten Tak Sebabkan Tsunami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here