Inilah 9 Wilayah dimana Tempat Beredarnya Vaksin Palsu !

0
1625
vaksin palsu

Inilah 9 Wilayah dimana Tempat Beredarnya Vaksin Palsu !

Indowarta,com- Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) kini masih menelusuri peredaran dari vaksin palsu di seluruh Indonesia. Hasil yang terbaru ini adalah BPOM berhasil menemukan adanya vaksin palsu yang tersebar di sembilan wilayah Indonesia.

Humas BPOM dalam keterangan tertulisnya menjelaskan bahwa data yang terbaru dari hasil pengawasan Balai Besar/Balai POM (BPPOM/BPOM) di seluruh Indonesia hingga tanggal 30 Juni 2016 telah berahasil diidentifikasiakn sebanyak 37 sarana pelayanan kesehatan di sembilan wilayah yang masih did alam cakupan BPOMB/BBPOM. Perolehan atau pengadaan vaksin ini berasal dari freelance atau sumber yang tidak resmi.

Sembilan wilayah yang dimaksud tersebut adalah Pekanbaru, Palembang, Bandar Lampung, Serang, Jakarta, Bandung, Surabaya, Pangkal Pinak dan yang terakhir adalah Batam. Pada saat ini BPOM telah menyelesaikan pengujian terhadap sebagian sampel.

Sampel vaksin tersebut diterima dari Pusat Pengujian Obat dan Makanan Nasional dan Bareskrim Polri. Hasil pengujian tersebut telah dikirimkan kepada Bareskrim pada hari Kamis 30 Juni 2016. Pengawasan hingga saat ini masih terus berlangsung di 32 provinsi di Indonesia sesuai dengan cakupan wilayah pengawasan Balai Besar/Balai POM.

vaksin palsu

Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti menyebutkan bahwa kasus vaksin palsu ini tidak hanya beredar di Pulau Jawa namun tersebar di beberapa provinsi di Indoneisa. Jenderal Badrodin menjelaskan ada tujuh provinsi yang telah tersebar vaksin palsu ini.

Meskipun sudah tersebar di tujuh provinsi, jenderal Badrodin menuturkan bahwa pabrik vaksin palsu ini berada di pulau Jawa. Pabrik ini bukan merupakan pabrik yang besar, malainkan masih parbrik rumahan. Produksi vaksin palsu ini tersebar di beberapa tempat di Jawa.

Saat ini pihak polisi sedang mendata balita yang pernah mengkonsumsi vaksin palsu tersebut. Bila terdapat dampak negatif yang dikumpulkan, data bayi yang mengkonsumsi vaksin palsu tersebut akan berguna.

Polisi kini telah menyelidiki dan juga menginventarisir pasien yang sudah mengkonsumsi vaksin palsu tersebu. Hal ini bertujuan untuk jika nanti akan ditelilti oleh Menkes, data tersebut akan bis dicek dampak lalu segera direhabilitasi. Jika perlu akan dilakukan vaksin ulang.

baca juga :

Berita Terkini : Inilah 12 Daftar Vaksin Palsu Yang Beredar Dan Dipalsukan Oleh Pasangan bekasi Ini !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here