Bocoran Struktur Gaji PNS yang Baru Menurut Menpan RB!

    0
    6241
    Copyright ©qerja

    Pemerintah Berencana Ubah Struktur Gaji PNS

    Indowarta.com – Struktur gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) rencanya akan diubah oleh pemerintah. Untuk saat ini, mengenai pengubahan struktur gaji tesebut masih dalam pembahasan oleh Kementerian Keuangan dan Kementerian Pendayaagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

    BACA JUGA : Pemerintah Ubah Skema Pensiun PNS Tahun Ini!

    Menteri PAN-RB Asman Abnur mengungkapkan, Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) terkait dengan perubahan struktur gaji PNS ini sudah ditargetkan akan selesai pada tahun 2018 ini. Oleh karena itu sekarang masih dalam tahap pembahasan.

    “Ditargetkan tahun 2018 ini selesai. Semuanya masih dalam pembahasan,” kata Asman di Kantor Kemenpan RB, Jakarta, Rabu (24/1/18).

    Disamping itu, dia mengungkapkan bahwa pembahasan mengenai perubahan struktur gaji PNS ini akan dilangsungkan dalam rapat terbatas Kemenkue. “Setelah dirapatkan, baru kita bisa putuskan skema pastinya seperti apa,” pungkasnya.

    Sedangkan Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Herman Suryatman mengatakan, sistem merit akan digunakan sebagai dasar dari pembentukan skema struktur gaji PNS, yang berasiskan pada kompetensi, kualifikasi, dan kinerja.

    PNS
    Copyright ©liputan6

    Sebelumnya diketahui bahwa sistem merit ini sudah diatur dalam Undang-Undang Aparatur Sipil Negara Nomor 5 Tahun 2014. Sehingga nantinya, struktur gaji PNS tidak akan dipukul rata dengan sistem ini.

    BACA JUGA : BUMN Buka Lowongan Kerja Ini, Tertarik?

    “Mulai dari rekruitmen di awal, pengembangan sampai ujungnya pensiun. Itu kan di dalamnya ada pengaturan tentang penghasilan juga. Nah Ini semua harus berbasis sistem merit, (sehingga gaji) baik itu, dengan catatan bagi yang kompeten dan berkinerja, tidak pukul rata,” paparnya di waktu yang sama.

    Dia menjelaskan, penghasilan PNS nantinya akan dihitung berdasarkan pada gaji dan tunjangan yang diterima. Dimana gaji yang akan diberikan berdasarkan pada resiko kerja dan beban kerja. Sedangkan tunjangan, terdiri dari tunjangan kinerja dan tunjangan kemahalan.

    “Yang instansional tergantung instansinya, ukurannya indeks reformasi birokrasi yang di review. Yang individual tergantung kinerja individu, ada sasaran kerja pegawai, ada indikator kinerja utama, dasarnya itu. Akumulasi itulah penghasilan PNS, gaji dan tunjangan. Itu semuanya akan lebih baik (kenaikan gaji), tergantung dengan kinerja PNS,” ungkap dia.

    BACA JUGA : Gebrakan dan Realisasi Janji Anies Baswedan dan Sandiaga Uno di 100 Hari Kerja!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here