CPNS Punya NIP, Gaji Belum Tentu Sama dengan PNS!

    0
    545
    CPNS Kemendikbud
    Copyright©tirto

    Walau NIP dan SK Sudah Didapatkan CPNS, Namun Masih Belum Tentu Menjadi PNS

    Indowarta.com – Sejumlah peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dinyatakan lolos sudah mendapatkan Nomor Induk Pegawai (NIP). Disamping itu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) sudah memberikan surat keputusan (SK) kepada mereka.

    BACA JUGA : Formasi CPNS 2018 Akan Segera Diputuskan!

    Kepala Sub Bagian (Kasubag) Hubungan Media dan Antar Lembaga Biro Humas BKN Diah Eka Palupi mengungkapkan, walau sudah mendapatkan NIP, namun itu bukan menjadi jaminan akan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Karena para CPNS ini harus dilihat terlebih dulu kinerjanya dalam masa orientasi selama satu tahun.

    Jika CPNS ini sudah menunjukkan kinerja yang baik dalam bidangnya, maka secara otomatis mereka dapat diangkat langsung menjadi seorang PNS. Hal itu sebaliknya, jika mereka masih belum menunjukkan kinerja yang bagus, maka status PNS masih belum dapat diberikan kepadanya.

    “Iya ada masa orientasi percobaan selama 1 tahun. Nah di masa itu akan dilihat kualiats kinerja dan prilakunya,” kata dia, Kamis (1/2/18).

    PNS
    Copyright ©liputan6

    Dalam kurun satu tahun awal itu, para CPNS yang sudah mendapatkan NIP dan SK juga akan mendapatkan gaji serta tunjangan yang berbeda. Hal ini karena peraturan tunjangan diantara CPNS dan PNS mempunyai nilai yang berbeda.

    “Beda kalau itu gaji dan tunjangan sebagai CPNS,” pungkasnya.

    BACA JUGA : Sst , ,Ini Lho Bocoran Formasi CPNS 2018!

    Seperti yang dikutip dari Okezone, Kamis (2/2/18), dari keterangan yang diberikan oleh BKN, ada sejumlah ketentuan dan kualifikasi kepada para CPNS yang harus terpenuhi supaya dapat diangkat menjadi PNS. Hal ini sudah tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS :

    – Pasal 34 ayat (1) sampai (5):

    1. CPNS wajib menjalani masa percobaan selama 1 (satu) tahun;
    2. Masa percobaan yang dimaksud pada ayat (1) merupakan masa prajabatan;
    3. Masa prajabatan meliputi proses pendidikan dan pelatihan;
    4. Proses pendidikan dan pelatihan dilakukan secara terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang;
    5. Pendidikan dan pelatihan hanya dapat diikuti 1 (satu) kali.

    – Pasal 36 :

    1. Calon PNS yang diangkat menjadi PNS harus memenuhi persyaratan :
    2. Lulus pendidikan dan pelatihan sebagaimana dimaksud pada pasal 34
    3. Sehat jasmani dan rohani
    4. Calon PNS yang telah memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diangkat menjadi PNS oleh PPK ke dalam jabatan dan pangkat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

    BACA JUGA : BUMN Buka Lowongan Kerja Ini, Tertarik?

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here