Notif di WhatsApp Akan Bisa Diatur Berdasar Pada Prioritas Lho!

0
321
Instagram dan whatsapp
Copyright ©newsfirst

Pengguna Nantinya Akan Dapat Mengatur Notifikasi Berdasarkan Prioritas di WhatsApp

Indowarta.com – Fitur notification channels yang terdapat di sistem operasi Android 8.0 Oreo memungkinkan penggunanya untuk mengelompokkan dan mengatur cara perangkat akan memberikan notifikasi menurut prioritasnya, seperti apakah nantinya akan disertai dengan bunyi, getar, dan tidak sama sekali.

BACA JUGA : Beginikah Penampakan Xiaomi Redmi Note 5?

Oleh karena itu, WhatsApp sekarang ini sedang mempersiapkan pembaruan pada aplikasinya untuk dapat mendukung notifikasi channels yang terdapat di Android Oreo. Terkait dengan hal ini sudah mulai diketahui ketika beberapa pengguna Android Oreo sudah menggunakan aplikasi pesan instan tersebut pada versi beta dari versi 2.18.18.

Berdasarkan laporan yang muncul, pada versi betanya, WhatsApp sudah menampilkan 10 kanal untuk notification, yaitu  failure notifications, media playback, group notification, message notification, chat history backup, critical app alert, sending media, silent notifications, other notifications, dan uncategorized.

WhtasApp
Copyright ©Android Police

Dari sejumlah kanal itu, nantinya memungkinkan penggunanya untuk dapat mengatur sendiri berdasarkan pada jenis notifikasi yang bersangkutan. Disamping itu, pengguna juga dapat melakukan pengaturan pada prioritas pembaruan berdasarkan pada notifikasi yang tersedia.

BACA JUGA : Pengguna WhatsApp Tembus 1.5 Miliar!

Seperti contohnya, jika tidak berkeinginan untuk mendapatkan pembaruan dari obrolan grub atau chat backup, notifikasi itu dapat disetting untuk tidak membuat ponsel bebunyi dan getar, serta dapat juga dimatikan (disable) agar tidak muncul di tray notifikasi.

Oleh karena itu, sejalan dengan tujuan dari kegunaan fungsi notification channels di Android Oreo, para pengguna WhatsApp nantinya tidak akan merasa terganggu dengan adanya notifikasi yang dianggap tidak penting dan hanya mengaktifkan notifikasi pada beberapa pesan yang diinginkan saja.

Seperti yang dikutib dalam KompasTekno dari Gadgets Now, Senin (5/2/18), sekarang ini 10 kanal notifikasi WhatsApp masih dalam status “beta”. Serta masih beberapa pengguna Android Oreo saja yang dapat menjajal pembaruan ini.

Akan tetapi, bukan tidak mungkin kalau fitur yang memungkinkan penggunanya mengatur notifikasi berdasarkan pada prioritas dan jenis itu bakal dirilis, yang akan dilakukan pada pembaruan WhatsApp final nantinya.

BACA JUGA : Begini Cara Mengetahui Delay Penerbangan di Google!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here