Bupati Jombang Ngaku Terima Suap Untuk Santunan Anak Yatim! key: Bupati Jombang

0
165
Bupati Jombang
Copyright ©analisadaily

KPK Membongkar Uang Suap yang Diterima oleh Bupati Jombang

Indowarta.com Bupati Jombang Nyono mengaku bahwa dirinya telah menggunakan uang hasil suap untuk santunan anak yatim. Diketahui sebelumnya, dia telah menerima suap yang diberikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Jombang Inna Silestyanti (IS) dengan tujuan untuk tetap berada di jabatan definitif.

BACA JUGA : Buku Hitam Setya Novanto yang Masih Jadi Misteri!

“Itu membantu saya untuk sedekah santunan anak yatim. Enggak tahunya sedekah itu urunan yang memang sebenarnya saya gak mikirin itu salah. Karena kita berikan pada anak yatim di Jombang,” ujar Nyono di Gedung KPK, Minggu (4/2).

Akan tetapi, apa yang diungkapkan oleh bupati Jombang tersebut tidak sama dengan pernyataan dari KPK didepan awak media. Wakil Ketua KPK La Ode Syarif  mengatakan, bahwa uang Rp 50 juta yang didapat oleh Nyono dari kasus suap ini diduga sudah digunakannya sebagai dana untuk iklan mengenai Pilkada serentak 2018 mendatang.

Bupati Jombang'
Copyright ©faktualnews

Uang yang telah diterima oleh Nyono berasal dari Inna, yaitu pihak yang memberikan uang sebesar Rp 200 juta kepada bupati Jombang  pada bulan Desember 2017 lalu. Setelah itu sebesar Rp 75 juta yang diserahkan pada bulan Februari lalu.

BACA JUGA : Setya Novanto Masih Rahasiakan Nama-nama Penerima Dana E-KTP!

Sedangkan Inna sendiri diduga sudah mendapatkan hasil uang tersebut dair pemungutan liar (pungli) dana kapitasi di seluruh Puskesmas di Jombang. Berdasarkan penyidikan KPK, dinyatakan bahwa setiap Puskesmas memiliki dana kapitasi  sebesar Rp 45 juga per tahunnya.

Dengan ini, jumlah tersebut kemudian dikutip sebesar 7 persen, yang 1 persen diberikan kepada kepala dinas, 1 persen untuk kepala paguyupan puskesmas, serta 5 persen untuk bupati Jombang. Tercatat sudah ada 34 puskesmas yang dipungut sejak Juni lalu dengan total dana mencapai Rp434 juta.

Diketahui sebelumnya, bupati Jombang ditangkap oleh KPK saat berada di Stasiun Solo Balapan, Sabtu (3/2/18). Dalam penangkapan tersebut, KPK menyita uang sebesar Rp 25,55 juta dari tangan Nyono, yang diduga uang sisa pemberian oleh Inna.

BACA JUGA : Pertemuan Sandiaga Uno Dengan Sopir Angkot Membuahkan Kesepakatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here