Siapakah Nanti yang Bakal Menampung Dana Zakat 2.5% Dari Gaji PNS?

    0
    277
    Ilustrasi Zakat
    Copyright ©konfrontasi

    Pemerintah Menunjuk Baznas Untuk Melakukan Pengelolaan Dana Zakat PNS

    Indowarta.com – Diwacanakan sebelumnya bahwa gaji untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan dilakukan pemotongan sebesar 2,5 %. Potongan itu dilakukan para PNS musim untuk pembayaran zakat. Rencana menganai hal ini diharapkan dapat diimplementasikan tahun ini dengan payung hukum Peraturan Presiden (Perpres).

    BACA JUGA : Pemerintah Ubah Skema Pensiun PNS Tahun Ini!

    Lalu dana zakat PNS ini nantinya akan dikelola oleh siapa? Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama, M Fuad Nasar mengungkapkan, pemerintah akan mempertugaskan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk melakukan pengelolaan pada dana zakat tersebut.

    “Dana zakat yang dihimpun dari ASN muslim akan dikelola oleh Baznas,” ujar Fuad, Jakarta, Rabu (7/2/18).

    Disamping itu, Faud menjelaskan bahwa untuk metode penghimpunannya akan dilakukan dari masaing-masing Kementerian/Lembaga (K/L), baik itu dilakukan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atapun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

    “Perpres bukan ide baru, tapi semata-mata optimalisasi pelaksanaan ketentuan perundang-undangan pengelolaan zakat,” kata dia.

    Ilustrasi PNS
    Copyright ©doniseo.abatasa

    Terkait dengan kemungkinan dana zakat PNS ini, Fuad menambahkan, saat ini pihak Kementerian Agama terus melakukan perhitungan. Akan tetapi, potensi zakat di Indonesia sangatlah besar, dimana Baznas sebelumnya pernah mengeluarkan data yang menyatakan dapat mencapai Rp 270 triliun.

    BACA JUGA : Bocoran Struktur Gaji PNS yang Baru Menurut Menpan RB!

    “Saya belum menghitung kalkulasinya, insha allah harapan kami dalam tahun ini (diimplementasikan),” pingkasnya.

    Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla angkat bicara mengenai adanya rencana pengumpulan dana zakat PNS ini. Pihaknya mengatakan kalau rencana tersebut saat ini masih sekedar wacana. “Itu wacana. Kita masih wacana,” ujar Kalla di kantor Wakil Presiden RI, Jakarta, Selasa (06/02/18).

    Satu hari sebelumnya, Menteri Agama Lukman Hakim mengungkapkan, adanya kebijakan potongan 2,5% dari gaji PNS ini bukan merupakan sebuah paksaan. Akan tetapi hal ini lebih mengarah kepada himbauan.

    “PNS Muslim yang berkeberatan bahwa gajinya atau honornya dipungut sebagian 2,5% untuk zakat, dia bisa mengajukan keberatan,” ucap Lukman.

    “Tentu nanti setiap kali honor mereka akan dipotong, dikelola oleh Baznas, yang mengelola zakat, baik pengumpulan dan pemanfaatannya. Sudah ada badan sendiri itu, Baznas,” sambungnya.

    BACA JUGA : CPNS Punya NIP, Gaji Belum Tentu Sama dengan PNS!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here