Awas, 5 Kondisi Tangan Begini Menandakan Adanya Gangguan Kesehatan Loh!

0
144
red-palm
Red Palm Copyright ©sharingdisana

Waspada dengan Kondisi Tangan Seperti Ini!

Indowarta.com – Tangan sebagai salah satu anggota  ubuh yang mempunyai  fungsi dan cara kerja yang cukup mendominasi dalam melakukan aktifitas sehari hari, tanpa disadari tangan sering memiliki perubahan-perubahan kondisi yang cenderung diabaikan oleh manusia. Hal ini bisa berbahaya dan menjadi awal petaka munculnya berbagai penyakit berbahaya lho.

Nah, untuk lebih jelasnya mengenai pemaparan tersebut, kita harus lebih waspada ketika tangan menunjukkan beberapa kondisi berikut ini:

  1. Noda Merah di Telapak Tangan

Telapak tangan merah yang bisa jadi disebabkan karena mencengkeram barang atau benda terlalu lama dan dilakukan secara keras atau karena hal lain yang bersifat panas maupun dingin. Hal ini sudah lumrah atau wajar terjadi pada kondisi biasa. Namun pada kondisi ibu hamil, hal ini menjadi salah satu hal yang normal lantaran aliran darah yang meningkat sehingga menyebabkan kemerahanan pada tangan  perempuan. Berbeda lagi jika telapak tangan merah tersebut terjadi dalam waktu yang cukup lama.

Kondisi ini bisa disebut sebagai eritema palmaris atau penyakit hati kronis dimana terdapat banyak tumpukan lemak di hati. Peradangan hati ini secara bertahap menggangu kinerja hati sehingga tak mampu membuang racun secara efisien.

  1. Panjang Jari

Perbandingan panjang jari juga menjadi salah satu kondisi yang mampu memberitahukan kemungkinan penyakit tertentu. Misalnya jari manis pria cenderung lebih panjang dibanding  jari telunjuknya, hal ini terjadi kebalikannya pada wanita.

Oleh karenanya, wanita yang memiliki jari manis lebih panjang dibanding telunjuk sebaiknya waspada terhadap gejala lemah sendi terutama lutut. Untuk perempuan yang berisiko tinggi terkena kanker payudara sebaiknya jalani mammogram atau jadwal MRI.

  1. Jari Bengkak

Jari bengkak pada umumnya bisa terjadi karena beberapa hal, misalnya  karena cuaca panas atau saat wanita akan mengalami menstruasi atau bisa juga karena terlalu banyak makan makanan yang asin.

Namun jika hal ini terus berlangsung meski anda sudah mengurangi tiga hal tersebut, pembengkakan ini bisa menjadi tanda bahwa anda kekurangan hormone tiroid. Ketika tiroid kurang aktif, hormon-hormon penting yang mengatur metabolisme dan menjaga fungsi tubuh dengan benar juga berkurang. Dan ketika metabolisme melambat, hasilnya adalah pertambahan berat badan dan pengumpulan air.

  1. Kuku Pucat

Jika dalam kondisi normal, kuku yang ditekan agak lama akan menjadi putih atau pucat namun ketika dilepas akan berubah menjadi kemerahan lagi. Jika hal ini dilakukan dan kuku tetap terlihat pucat setelah dilepas, maka hal ini bisa menjadi salah satu tanda anda terkena anemia. Jadi mohon diperhatikan kandungan zat besi dalam diri anda agar tak terkena anemia.

  1. Ujung Jari Berwarna Biru

Hati hati dengan warna ujung jari yang berwarna abu-abu, atau mati rasa. Hal ini bisa menjadi tanda adanya gangguan sirkulasi yang lebih dikenal dengan sebutan penyakit Raynaud atau sindrom Raynaud.

Hanshock Kk
Pic ©instagram/kaoskaki_kk

Sindrom Raynaud menyebabkan kejang mendadak sementara dalam pembuluh darah dan arteri. Arteri menyempit dan menyulitkan aliran darah ke tangan dan jari. Gejalanya adalah ujung jari mati rasa, semburat kebiruan, serta tangan terasa dingin. Nah untuk mengatasi kedinginan di tangan ini disarankan untuk menggunakan Kaos tangan atau handshock yang dikhususkan untuk suhu yang dingin, contoh handshock jenis rajut yang terbuat dari bahan rajut  tebal yang  bisa melindungi tangan anda saat udara dingin. Untuk lebih lengkapnya, anda dapat melihat beragam koleksi handsock tersebut langsung dengan klik “Di Sini”.

Itulah tadi kondisi tentang tangan yang bisa menjadi tanda bahwa anda bisa jadi sedang memiliki penyakit tertentu. Untuk lebih melindungi anda sebaiknya kami sarankan untuk rutin menggunakan kaos tangan agar terhindar dari berbagai suhu yang ekstrem, ataupun terhindar dari berbagai pertanda yang sudah disebutkan di atas tadi. Berbagai contoh kaos tangan trendy dan menarik bisa anda dapatkan “Di Sini”. Selain itu, jangan lupa untuk selalu konsultasi dengan dokter anda ya. Semoga Bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here