Berita Terkini : Sidang Isbat Baru Akan Digelar, Jamaah Naqsabandiyah Putuskan 1 Syawal Jatuh 4 Juli 2016 !

0
812
Jamaah Naqsabandiyah

Berita Terkini : Sidang Isbat Baru Akan Digelar, Jamaah Naqsabandiyah Putuskan 1 Syawal Jatuh 4 Juli 2016 !

Indowarta.comJamaah Naqsabandiyah di Sumatera Barat akan merayakan hari raya idul fitri 1437 H pada hari Senin 4 Juli 2016. Mereka akan mengakhiri puasa Ramadhan mereka setelah genap menjalankan puasa selama 30 hari sejak ditetapkannya 1 Ramadhan pada tanggal 4 Juni 2016.

Sekretaris Naqsabandiyah Masjid Baitul Makmur Pauh, Padang yakni Edizon Revindo mengatakan bahwa Jamaah Naqsabandiyah akan merayakan Hari Kemengan tersebut pada tanggal 4 Juni 2016 yang akan jatuh pada hari Senin. Sudah genap 30 hari Jamaah Naqsabandiyah menjalankan ibadah puasa.

Dalam menentukan Ramadhan dan juga Idul Fitri, Jamaah Naqsabandyah ini berdasarkan pada kalender Hisab Munjid yang sesuai dengan yang sudah diajarkan oleh Rasulallah di Arab. Sehingga tidak heran juga jika mereka lebih cepat berpuasa dan juga merayakan hari kemenangan di banding umat Islam lainnya yang menunggu keputusan dari pemerintah.

Jamaah Naqsabandiyah

Jadi pada hari Minggu tanggal 3 Juni 2016 mereka akan melakukan malam takbiran bersama degnan jamaah. Tarekat Naqsabandyah Pauh ini dipimpin oleh seorang guru yang bernama Syafri Malin Mudo atau yang sering disapa dengan nama Buya Piri.

Pada bulan Ramadhan kali ini, masjid jamaah Naqsabandyah tersebut sering dikunjungi oleh jamaah tarekat Naqsabandyahy yang berasal dari luar kota seperti Solok, Agam, Bukittinggi dan juga lainnya. kedatangan mereka bertujuan untuk menjalankan ritual Suluk.

Ritual suluk tersebut akan diadakan di mushola dengan bermunajat dan juga berzikir dari siang hingga malam hari pada saat bulan Ramadhan. Ritual Suluk ini bahkan juga ada yang melakukan selama berbulan-bulan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Pelaksanaan ritual Suluk ini tergantung pada tingkatan. Untuk yang masih pemula hanya membaca ayat-ayat suci Al Qur’an pada saat bulan Ramadhan, Sholat, serta berzikir selama 40 hingga 60 hari. Jika pada tahap pertama ini sudah selesai, maka batasan waktu bisa ditambah dari 10 hingga 20 hari lagi.

baca juga :

Dua Bocah bersaudara Ini Sukses Hasilkan Uang Senilai Rp 160 Miliar Lantaran Unggah Video Ke Youtube !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here